Published On: Fri, Oct 9th, 2015

Ketika Citarum Bercumbu Dengan Limbah

Sungai Citarum Karawang 2015Karawang (Karin) – Foto ini bukan diambil dari got atau comberan depan rumah. Tapi ini adalah wajah Sungai Citarum saat ini. Kita akan menyaksikan dan merasakan langsung dari dekat, bagaimana Sungai Citarum yang tercemar limbah industri dan rumah tangga.

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di wilayah Provinsi Jawa Barat. Sungai yang mengalir sepanjang ±297 km ini, membentang dari hulunya di Situ Cisanti yang teletak di kaki Gunung Wayang sebelah selatan Kota Bandung, bermuara di pantai selatan Pulau Jawa tepatnya di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Berikut sedikit fakta-fakta yang berkaitan dengan Sungai Citarum:

  • Sungai Citarum berawal dari mata air Gunung Wayang (Hulu Sungai Citarum Cisanti atau biasa disebut Situ Cisanti) dan bermuara di Laut Jawa.
  • DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum memiliki luas ±12.000 km2.
  • Merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat.
  • Dibangun 3 bendungan dan PLTA di sungai ini, yaitu: PLTA Saguling, PLTA Cirata, dan PLTA Jatiluhur.
  • Anak sungai yang mengalir ke Citarum: Cibeet, Cikao, Cisomang, Cikundul, Cibalagung, Cisokan, Cimeta, Ciminyak, Cilanang, Cijere, Cihaur, Cimahi, Cibeureum, Ciwidey, Cisangkuy, Cikapundung, Cidurian, Cipamokolan, Citarik, Cikeruh, dan Cirasaea.
  • 80% Penyuplai air minum di Jakarta.
  • INI YANG PALING KEREN. Sejak tahun 2007 (bahkan sampai sekarang) telah menjadi kategori sungai dengan tingkat KETERCEMARAN yang tertinggi di dunia. Pencemar dapat berupa kotoran ternak, sampah domestik, maupun limbah industri (cair/padat).

Galang Sinu Susilo
https://www.facebook.com/the.wolfstein

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments