Published On: Fri, Jan 18th, 2013

Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Karawang

Banjir Karawang 2013

Karawang (KarIn) – Tingginya curah hujan di bulan Januari 2013 ini, membuat sejumlah wilayah di Karawang kembali diterjang banjir. Adapun wilayah yang terkena banjir yang cukup parah, adalah yang berada berdekatan dengan aliran Citarum. diantaranya Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Karawang Barat, Batujaya dan Pakisjaya. Wilayah ini, setiap tahunannya selalu menjadi langganan banjir. Selain di wilayah tersebut, banjir juga terjadi di sejumlah wilayah (desa) di kecamatan lainnya, terutama yang disebabkan oleh saluran irigasi dan tingginya curah hujan.

Berikut adalah sejumlah lokasi yang terkena banjir di Kabupaten Karawang sejauh ini :

  • Desa Karang Ligar, Desa Mekarmulya, Desa Mulyajaya (Kecamatan Teluk Jambe Barat)
  • Kelurahan Tanjungmekar dan Kelurahan Tanjungpura (Kecamatan Karawang Barat)
  • Desa Segaran (Kecamatan Batujaya)
  • Desa Teluk Buyung (Kecamatan Pakisjaya)
  • Desa Kertajaya (Kecamatan Jayakerta)
  • Beberapa wilayah di Kecamatan Tempuran
  • Beberapa wilayah di Kecamatan Lemahabang
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Tirtamulya
  • Sejumlah perumahan di Cikampek
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Klari
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Pangkalan
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Pedes
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Cilamaya Kulon
  • Sejumlah wilayah di Kecamatan Wetan

*) Update Lokasi, Silahkan Tambahkan Melalui Kolom Komentar Dibawah

Khususnya di lokasi terparah yang berdekatan dengan Citarum, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penyebab utamanya adalah akibat luapan air sungai terutama Citarum dan Cibeet, pemukiman yang terlalu dekat dengan daerah aliran sungai, serta tidak berfungsinya kebanyakan drainase atau aliran air di sejumlah pemukiman.  Adapun diwilayah lainnya banjir diakibatkan oleh luapan air irigasi dan curah hujan yang tinggi.

Berita Banjir Karawang

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Karawang, di lokasi terparah yakni di Desa Karangligar, Mekarmulya, dan Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat, hampir 500 KK atau sekitar 1.500 jiwa penduduk menjadi korban banjir, dan yang terparah adalah di Desa Karangligar yang jumlahnya mencapai sebanyak 305 KK atau 1.208 jiwa. Korban banjir ini diungsikan ke sejumlah lokasi yang lebih aman. Begitupun korban banjir di Karawang Barat dan wilayah lainnya, kebanyakan sudah diungsikan dan terus mendapatkan bantuan dari Pemkab Karawang dan para relawan.

Trauma Banjir Tahun 2010

Lokasi Banjir Telukjambe Karawang BaratTerkait kembali banjirnya Karawang, sejumlah warga mengkhawatirkan terulangnya bencana banjir yang cukup dahsyat yang terjadi di bulan Maret 2010 silam. Seperti halnya tahun 2010, selentingan isu termasuk kondisi di Jatiluhur membuat sejumlah kepanikan di antara warga Karawang.

Dan terkait hal ini, merujuk sejumlah fakta dan data yang ada, Tim Redaksi Karin memberikan analis sebagai berikut!

Banjir Karawang 2010 yang sangat parah itu terjadi Bulan Maret 2010, saat itu debit air di Bendungan Jatiluhur mencapai 108,36 M – Adapun saat ini, berdasarkan keterangan resmi dari situs Perum Jasa Tirta II, debit air di Bendungan Jatiluhur mencapai 101.83 M – Jadi, berdasarkan data tersebut, kecil kemungkinan banjir parah di 2010 akan terulang di Karawang.

Namun begitu, warga di daerah yang terkena banjir atau rawan banjir tetap dihimbau untuk terus waspada dan melakukan antisipasi. Karena, situasi air di Citarum juga sangat bergantung pada situasi dan kondisi banjir di Bekasi dan Jakarta, dimana jika Bekasi dan Jakarta tidak membaik maka ada kemungkinan besar pintu air dari Tarum Timur ke Kali Malang, Bekasi tidak akan dibuka yang artinya sebagaimana yang terjadi pada Maret 2010, semuanya akan dialirkan ke Citarum wilayah Karawang. (Deni Andriana, Bayu Sanjaya Nugraha)

Rujukan terkait yang bisa diakses :

  • Update Informasi Perkembangan Banjir silahkan simak di Grup Facebook Karawang Info -> http://www.facebook.com/groups/karawanginfo/
  • Update Debit Air Waduk (Bendungan) Jatiluhur Purwakarta -> http://www.jasatirta2.co.id/pjtII.php?x=muka_air&y=list

Untuk Warga yang Ingin Berbagi Informasi Banjir Silahkan melalui Grup Facebook Karawang Info atau mengirimkan foto, tulisan, dan sejenisnya ke email redaksi@karawanginfo.com

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. […] 19 January, 2013 Breaking News > […]

  2. Nana says:

    Mohon kepedulian pemda Karawang untuk penanggulangan sampah bekas banjir di Perum Karaba Indah Karawang Barat. Hingga pagi ini sampah bekas banjir masih menggunung di beberapa tempat. Kondisinya sudah mulai membau dan bisa menimbulkan penyakit, khususnya buat anak-anak yg bermain disekitarnya. Jika memang pemda tidak bisa membantu korban banjir secara materi, mohon kesediaannya untuk membantu membuang sampah-sampah tersebut. Minta tolong kepada redaksi Karawang Info untuk menyampaikan ini kepada bapak-bapak pemda yang terhormat. Sekian dan terima kasih.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>