Published On: Fri, Sep 14th, 2012

Produk Lokal Karawang di Rice Festival 2012

Pameran Festival Hut Karawang 379Karawang (KarIn) – Rice Festival Karawang 2012 adalah nama acara festival dan bazaar yang berlangsung di Lapangan Karangpawitan Karawang dan sekitarnya antara 12-16 September 2012. Sejumlah stand dapat dikunjungi oleh para pengunjung. Produk yang ditampilkan umumnya dapat dibeli dan ada juga yang hanya untuk dipajang sebagai contoh.

Dari sejumlah stand yang ada, pengunjung dapat menjumpai produk-produk karya UKM atau warga Karawang khususnya di stand Unit Pengelola Kegiatan (UPK) masing-masing kecamatan yang ada di Karawang. Adapun aneka produk kerajinan dan industri rumahan warga Karawang dapat disimak di stand UPK tiap kecamatan, diantaranya menampilkan produk unggulan masing-masing kecamatan, seperti jamur dari Banyusari, hasil laut dari Pakisjaya dan Cilamaya, kerajinan boneka dari Kotabaru, dan produk lainnya. Selain itu ada juga stand yang secara khusus menjual batik khas Karawang.

Sebagai ikon rice (beras) sendiri ada di stand pertanian (Karawang Lumbung Pangan Sehat Nasional) yang menampilkan beras organik Bale Pare yang sejauh ini menjadi produk pertanian unggulan Kabupaten Karawang. Selain beras Bale Pare, ada juga beras aroma yang dapat ditemui distand tersebut, serta teklonogi alat pertanian yang dapat dilihat di stand Dinas Pertanian dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Karawang.

Bazaar HUT Karawang KarangpawitanSejumlah pengunjung mengatakan cukup puas dengan festival ini terutama dari segi suguhan hiburan yang ada, namun sebagian pengunjung lainnya yang KarIn temui di lokasi mengatakan kurang puas, terlebih karena minimnya karya atau produk warga Karawang yang ditampilkan. Karena produk luar lebih mendominasi. Terlebih sebagian pengunjung berpendapat jika judul festival yakni Rice Festival tidak relevan dengan kenyataan yang ditampilkan, mengingat sangat minimnya produk pertanian atau karya petani Karawang yang dapat ditemui di festival ini. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Rice vestival ini diadakan berapa kali dalam setahun?

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>