Published On: Sun, Sep 9th, 2012

Koleksi Keramik Antik dan Nilai Sejarahnya

Keramik Asli ChinaCilamaya (KarIn) – Bagi kolektor pada umumnya, mengoleksi benda tidak hanya merupakan kegiatan mengumpulkan benda tersebut secara fisik tapi juga secara nilai, termasuk dalam hal ini adalah nilai sejarah yang terkadang dalam benda yang dikoleksi. Hal ini berlaku juga untuk Sugianto, warga Jambe Amil, Cilamaya Karawang.

Mengoleksi barang antik ternyata bukan sekedar hobi, karena bagi Sugianto, mengoleksi barang-barang antik atau kuno memiliki banyak alasan, selain nilai historis atau sejarahnya yang tinggi, barang antik juga dapat menjadi investasi.

Pria paruh baya ini gemar mengoleksi barang antik berupa keramik kuno dari berbagai Dinasti China, diantaranya kemarik dari jaman Dinasti Song, Yuan dan Ming. Hal ini seperti bisa dilihat dirumahnya, keramik-keramik antik tersebut tertata rapi pada lemari kaca, barisan keramik antik dengan berbagai ukuran.

SKolektor Keramik China Kuno Karawangugianto mengumpulkan kemarik koleksinya selama lebih dari 15 tahun, kini telah terkumpul 600 item keramik berbagai bentuk dan ukuran seperti piring, guci, vas dan patung. Ia memperoleh keramik-keramik tersebut dari Jepara, Bangka Belitung, Madura dan berbagai tempat lainnya.

Hingga kini telah banyak ahli dari luar negri datang untuk meneliti dan membeli kemarik koleksinya. Baru-baru ini  bahkan ada seorang kolektor barang antik dari Singapura yang menawar keramiknya dengan harga Rp 3 Milyar Rupiah. Namun, Sugianto tidak menjualnya, menurutnya nilai historis dari benda kuno tak bisa ternilai harganya. Baginya, ada kepuasan batin yang tak bisa di ukur dengan sejumlah uang. (J. Winata)

*) J. Winata (Jody Vit)
Kontributor Online Tinggal di Karawang
http://www.facebook.com/bjodvit

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>