Published On: Sat, Aug 18th, 2012

Makna Kemerdekaan Bagi Warga Karawang

17 Agustus 2012

Karawang (KarIn) – Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2012 disambut dengan berbagai kegiatan dan tanggapan. Namun, karena konsentrasi masyarakat terfokus ke arus mudik, dan juga dikarenakan bertepatan bulan puasa, maka perlombaan 17 Agustusan sangat sulit ditemui, termasuk juga di Karawang. Terkecuali upacara bendera yang memang telah menjadi ‘ritual’ rutin tiap tahunnya.

Memperingati kemerdekaan, tentunya menjadi penting dibarengi dengan pemahaman tentang arti kemerdekaan itu sendiri. Lalu, seperti apa khususnya warga Karawang memaknai dan memahami arti kemerdekaan Republik Indonesia di usianya yang ke 67, simak sejumlah tanggapan warga Karawang berikut ini yang Redaksi KarIn himpun di Grup Facebook Karawang Info :

Iwan Inoe Kurniawan – http://www.facebook.com/yasha.love.shyla

Isi dari pembukaan UUD 45 ”Mengantarkan bangsa indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan”  – Dari UUD 45 aja udah jelas ,bahwa sesungguhnya para pahlawan kita baru bisa nyampe pintu gerbang kemerdekaan keburu gugur ,jadi sebetulnya emang kita belum merdeka, faktanya ya kita bisa rasakan sendiri. Kecuali dalam UUD itu berbunyi ”Mengantarkan Bangsa Indonesia masuk ke pintu gerbang kemerdekan” – Mungkin bener-bener merdeka.

Batara Indra – http://www.facebook.com/IsmayaKumaraSakti

MERDEKA!!! Satu kata ambigu yang bisa menggambarkan seribu bahasa. Trend merdeka atau kemerdekaan banyak sekali makna yang mendasarinya. Arti kata merdeka itu untuk apa, untuk siapa, dengan siapa, dan siapa saja yang harus merasakannya.

Kata orang kaya, saya sudah merdeka saya sudah merasakanya semuanya. Kata orang berkuasa, saya sudah merdeka, saya bisa menguasai segalanya. Kata koruptor, tentu negara kita belum merdeka karena masih dijajah sama negara lain dan bangsa kita sendiri (wajar kan koruptor pembohong, munafik dan memanfaatkan situasi). Kata orang kritis, negara kita belum bisa dikatakan merdeka karena masih banyak rakyat miskin, masih banyak orang-orang yang kelaparan, dan masih banyak lagi keperihatinan yang lain. Kata orang (maaf) miskin, kelaparan, dll, saya belum merdeka saya masih seperti ini. Kata orang-orang jaman dahulu, kemerdekaan mah ya pada zaman Pak Soeharto, beras, bahanbakar, dll pada murah. Terus kata (maaf agak sara) penganut agama mayoritas atau minoritas, kita belum merdeka, lah kita mau ibadah saja dihalangin bahkan di bubarkan oleh agama lain. Masih banyak penyebab konflik gara-gara orang-orang menganggap kita agama yang radikal. Mungkin masih banyak lagi arti dari sebuah kemerdekaan. Hal inilah yang membuat arti atau makna dari sebuah kemerdekaan itu menjadi ambigu. Kemerdekaan itu untuk siapa untuk dirinya sendiri, untuk orang lain, atau untuk semua golongan!!

Fesbukmania Kita – http://www.facebook.com/fesbukmania.kita

Belum merdeka, belum merdeka dari kemiskinan, ketertinggalan dan kebodohan.

Galang Inoe – http://www.facebook.com/militianwolfstein

Kkemerdekaan itu belum bisa dikatakan merdeka, jika masih ada anak kecil yang tidur dipinggir jalan. Kemerdekaan itu belum bisa dikatakan merdeka, jika masih ada orang tua renta mengais hidup di lampu merah. Kemerdekaan itu belum bisa dikatakan merdeka, jika masih ada sekelompok buruh yang berdemo akan kesejahteraan mereka. Kemerdekaan itu belum bisa dikatakan merdeka, jika masih ada saudara kita yang disiksa di negeri sebelah. Jadi, kemerdekaan itu apa ya?

Ipan Lesmana – http://www.facebook.com/IpanObayDotCom

Jgn bilang merdeka klo di sekitar kita masih byk anak yg putus sekolah, orang2 terlantar, pengangguran.

Encuz Budak Wadas ?- http://www.facebook.com/encuz.wadas

Kemerdekaan, intinya bebas dari penjajahan, tapi bukan berarti bebas dari masalah, masalah di dunia ini pasti selalu ada. Negara yang bagus bukan negara tanpa masalah, tapi negara yang dapat memecahkan semua masalahnya. Maka dari itu ayo kita cari dan angkat para pemimpin yang pinter dan baik. Tapi jaman sekarang susah ya? Semua pemimpin dan pejabat pinter-pinter ‘memanfaatkan’ uanga doang.

Zaenal Arifin ?- http://www.facebook.com/zaenal.rabbani

17 Agustus…. Hanya memperingati Bangsa *ID* Indonesia terlepas dari penjajahan Belanda dan Jepang. Semua akan ikut bilang Merdeka karena pilihanya cuma… “Merdeka atau Mati!!”

Tikus Ruoek – http://www.facebook.com/fajar.sembur

Yang merdeka Indonesia, tapi akunya mah kagak merdeka.

Acuy Caem – http://www.facebook.com/acuy.caem.1

MERDEKA??? Itu kata2 org2 kya&pjabat aj.. stp hri brgkat krja n plg krja. Mta q tk luput mlht pmandagn yg sgt miris.ank kcl brkliaran mcri nafkah..org buta m’mnta2,manula mratap mhon blas kshan. dmnkah mkna merdeka bwt mrka? Dmnakah pmerataan? Lihat sorot mta anak2 itu. Bgtu polos, gak tau apa arti msa dpan? Mo jdi apa mrka nanti???

Otto Sundawan – http://www.facebook.com/otto.sundawan

Pernahkah kita merdeka? Sekarang aja kita sulit kalau ke mana-mana, jalanan macet, jalan pada rusak, bawa mobil sendiri gak bisa (karena macet & jalan rusak), naek umum mahal (ongkos Cikampek-Cikalong biasanya 4.000 sekarang Rp. 10.000). Sepertinya kita tersandera di kampung sendiri

Anto Asyakir – http://www.facebook.com/anto.asyakir

Merdeka adalah apabila semua warga mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan dengan fasiitas yang diberikan pemerintah kepada warganya. Tapi apakah semua warga merasakannya? Dan yakin sekali sekarang ini yang diharapkan Warga Karawang itu adalah jalanan yang bagus. Betul tidak?

Aji D Tegas – http://www.facebook.com/aji.tegas

Merdeka menurut kuring mah, mun kabeh keperluan sa popoe tos asli buatan anak negri dan keuntungannya buat anak negri Indonesia juga.

Wulan Pgentt Brubahh– http://www.facebook.com/wulanrd.uyank

Apakah Indonesia sudah merdeka? Perasaan masih dijajah deh.

Yudex Cla-x ?- http://www.facebook.com/yudex.clax

67 tahun INDONESIA merdeka. Tapi lihatlah diri kita yang masih bisa dibeli oleh asing. BURUH INDONESIA bangkit dan jadikan BURUH INDONESIA raja dinegeri sendiri.

Dahlia Lala – http://www.facebook.com/khoecienk

Merdeka itu jika jalan menuju bumi abi atos alus.

ALi Fiqry Tjakrawijaya – http://www.facebook.com/ali.tjakrawijaya

Kemerdekaan adalah terbebas dari lingkaran kemiskinan dan kebodohan.

Ghiska Fajari – http://www.facebook.com/ghiska.fajari

Kemerdekaan itu bukan selembar ijazah dan sertifikat. Kemerdekaan tidak bisa diukur dengan kurva-kurva ekonomi, kemerdekaan ialah kejujuran.

Karawang Untuk Santay – http://www.facebook.com/encuhs

Kita sebagai WNI wajib mengisi kemerdekaan merayakannya, contohnya pasang bendera merah putih di halaman rumah, mendukung progam-program kegiatan-kegiatan positif untuk warga kita, akrena para pejuang kita dulu sudah susah payah merebut kemerdekaan Indonesia. Merdeka!!

Iyom Puspita Dewi – http://www.facebook.com/iyom.dewi

Kemerdekaan adalah suatu hal yag berharga & tidak dapat dibeli dengan uang. Maka dari itu setiap tahun kita merayakannya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang menjadikan negara Indonesia merdeka dengan mempertaruhkan jiwanya. Sebagai WNI marilah kita tanamkan jiwa pahlawan & Pancasila pada diri kita masing-masing, sebagai rasa terimakasih pada pahlawan & untuk menjadikan negara Indonesia yang terus merdeka. Merdeka tanah airku! Sekali merdeka tetap merdeka!

Mbhee’ Kangen CappeDeh – http://www.facebook.com/mcappedeh

Ceuk dewek mah merdeka teh lamun hukum geus bener-bener ditegakkan. Sakitu weh.

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>