Published On: Fri, Aug 17th, 2012

Indonesia, Siapa yang Merdeka?

Perayaan Lomba 17 Agustusan 2012

“MERDEKA” kata ini berarti bebas, lepas dari belenggu, tidak terikat, berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada yang lain. Sebagai negara berdaulat, Rakyat Indonesia belum merasakan substansi kemerdekaan Negaranya, cita-cita dari kemerdekaan tentang kesejahteraan itu kamuflase, Soekarno mengatakan sejahtera itu tidak ada rakyat miskin, yang terjadi adalah ketimpangan-ketimpangan, penyelenggara negara menyimpangkan cita-cita negaranya, tidak heran jika kemudian rakyat males merayakan hari kemerdekaannya.

Berbeda dengan Iran, jutaan rakyat pagi pagi telah turun ke jalan sesuai dengan jalurnya masing-masing membawa poster-poster sang pahlawan, sepanjang jalan tersedia air mineral,sup dan kue gratis, pucaknya mereka berkumpul di Azadi Tower (Menara Pembebasan), presiden membaur tanpa pengawalan, shalat dzuhur berjamaah dan mendengarkan orasi lantang dari sang presiden, Ahmadinejad mengatakan “Revolusi Islam tidak pernah didirikan untuk membentuk sebuah imperium yang mendominasi bangsa lainnya.

Namun Revolusi Islam lahir demi merealisasikan cita-cita Ilahi, nilai-nilai universal seperti tauhid, keadilan, ilmu, kecintaan dan kebahagiaan bagi semua umat manusia. Dakwah pertama para Nabi Ilahi adalah mengajak manusia kepada tauhid dan penghambaan, sebab semua yang indah, nilai-nilai kemanusiaan dan ketuhanan serta semua kebaikan dan keberkahan didapat di bawah naungan tauhid dan penghambaan kepada Tuhan Yang Esa. Bahwa penghambaan dan kebebasan seperti dua gambar dalam satu koin.

Maka, jika manusia belum sampai pada puncak penghambaan kepada Tuhan, maka ia belum pernah mengalami kebebasan. Tanpa adanya keadilan maka hakikat manusia tidak akan berkembang dan tanpa itu kehidupan sejahtera tidak akan pernah terealisasi.

*) Bobby Anwar Maarif
Aktivis Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI)
Tinggal di Cilamaya Karawang

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>