Published On: Thu, Aug 16th, 2012

Arus Mudik Jalur Pantura Padat Merayap

Arus Mudik Pantura Padat Merayap

Jatisari (KarIn) – Situasi arus mudik lebaran per 16 Agustus 2012 di Jalur Pantura Karawang antara Simpang Jomin, Kaliasin kondisinya padat merayap. Situasi ini terus berubah seiring volume kendaraan yang keluar dari pintu tol Cikopo. Frekuensi kendaraan bermotor roda 4 meningkat didominasi bus-bus pariwisata bantuan mudik dari perusahaan. Sementara kondisi pemudik kendaraan roda dua cenderung menurun, hal ini karena pemudik sepeda motor lebih memilih waktu dinihari untuk mengurangi terik panas matahari. Kemudian meningkat pada sore hari berbarengan dengan mobil pribadi.

Simpul-simpul kemacetan terjadi di Fly Over Cikampek, Simpang Jomin dan Prapatan Cikalong. Di prediksi, puncak arus terjadi malam ini. Untuk mengantisipasi serangan fajar pemudik sepeda motor, beberapa petugas disiapkan di titik jalur alternatif untuk mengalihkan mereka agar tidak melewati Jalur Utama, tetapi dibelokkan dari jalur alternatif bagian utara Karawang melalui Tanjungpura – Lamaran – Telagasari – Lemahabang Wadas – Cilamaya – Blanakan – Ciasem.

Jalan Jalur Mudik Pantura 2012

Serangan fajar sendiri menjadi istilah unik di saat mudik Lebaran ini, dimana pemudik sepeda motor yang secara bersamaan memilih waktu dinihari sehingga menimbulkan penumpukan di Jalur utama maka untuk mengurai kemacetan disediakan jalur alternatif, sehingga diharapkan tidak terjadi kemacetan yang luar biasa.

Berdasarkan pantauan di sepanjang jalur mudik utama, untuk rest area bagi para pemudik setiap SPBU menyediakan sarana untuk melepas lelah, bahkan beberapa pihak swasta menyediakan takjil gratis dan pijat refleksi. (Urip Slamet Riyadi)

*) Urip Slamet Riyadi
Tinggal di Kotabaru Karawang
Saungurip.blogspot.com
www.facebook.com/Uripsr

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>