Published On: Mon, Feb 13th, 2012

Makanan Khas Karawang Menurut Warga

Makanan Tradisional Karawang

Karawang (KarIn) – Makanan khas yang dibuat dengan cara tradisional dan berkembang lama di Karawang ternyata sangat banyak. Hal ini bisa disimak dari keterangan warga Karawang pada jejak pendapat yang Redaksi KarIn lakukan melalui Grup Facebook Karawang Info. Walaupun beberapa nama makanan (jajanan) khas ini ada juga di daerah lain dan beberapa diragukan menjadi khas Karawang, namun fakta dilapangan, ketika keberadaannya banyak dan juga konsumennya juga banyak, maka dalam konteks yang khusus, makanan berikut layak juga disebut khas Karawang.

Jejak pendapat ini dilakukan sejak tanggal 3 Februari 2012 dan berikut berikut ini adalah apa yang dikatakan Warga Karawang hingga tanggal 13 Februari 2012!

  • DeBi HeRdiana PUtra: surabi hijau
  • Nandang Trisatyo opak ketan
  • Ksatria Baja Bengkok tangkar
  • Kang Enuy Zildjian Aron
  • Kang Tatang beras raskin, nasi aking, nasi jagung, bakatul
  • Butsiana Arwana Bolu Kijing
  • Rizal Khaerul Azzam loba ath … keripik jengkol, opak ketan, koci, jsb – pindang lauk ayana cicinde jg jayamukti tp pemasaran nepi ka sumatra
  • Winarno Nst jojongkong
  • Ahmad Bunyamin Tamblag, Jalabria, ganastori, randa menut, opak sampeu, angeun tutut, cobek leunca
  • Hery Susanto Gegeplak
  • Asep Bungsu Lx Huduk
  • Wendoza Stereoraizer HereForever Comset(combro setan)
  • Mas Agus sate maranggi
  • Bz Stereora Kapass’psycoid Nasi Tangkar khas Karawang
  • Toto Kasep Suhermanto nu paling spesial mah “ULI JEPRET” eta mah khas pisan moal aya di daerah sejen! mitoha sayah paling ahli dina proses creating “ULI JEPRET”
  • Karlo Fals Abdi Ngawakilan Warga TEGALWARU Makanan Khas Orang Tegalwaru nyaeta Pais TURUBUK Beuleum TURUBUK DLL..!! Pokonamah Makanan Dasarna terbuat dari Turubuk weh
  • Sriie Qimura Mizukii Hedwig krw mah gk da mknan khas nya.. tiap x lburan k krw gw aja lo mw beli oleh2 krw bgung.. da gak da mkanan khas nya.. pling yg gw sush dptn d daerah gw, ketoprak sma putu ayu. mknan itu pling bnyk d krw
  • Ibaal D’lizzious sangtau, ga bkalan ada d daerah lain sampe2 terdengar asing. padalarang punya kupat tahu, karawang punya sangtau-sangu tahu
  • Ade Riyadi CareDoks Caredok, lotek
  • Oman Sakti Dulur2 ari makanan khas karawang mah “bacetrok” atuh dulur.He he
  • Tetie Fadillah Sorabi kuntilanak, comset, turubuk, bontot, naon deuinya?? sayur asem khas Krw
  • Shemi El Real ari d lmbur abdie mh => opak, krupuk biji asem, rujak peutey, bolu buled.. eta nu te ay d nu sejen mh!!
  • Intan Partiwi Santoso pindang teri
  • Ary Jemzherry Es kelapa jablay, kue perecet, kue akar kelapa, kecimpring, bubur blohok, candil, ayobod, sambel goang, pecak bo’ong
  • Raiman Karawang Jalabria, cuhcur, ongol2, cobek bohong. Gegentur di seblokna ku kopi hideung nu kentel alah tegep pisan nya!
  • Arai Hayabusa Mahardika opak krikik cibuaya udah sampe jepang dan Australia di bawa buat oleh2.sampai orang jepang ketagihan katamya oishi oishi.pokonya keren lah
  • Tie Nyi Iteung Rujak kangkung n kurupuk miskin
  • Arai Hayabusa Mahardika tutut suharto jl kertabumi mantap
  • Io Djenero Apriel gonjing, cimplo, pindang khas krawang nu aya d cilamaya
  • Yuda Eka Sarya geugeuplak
  • May Doang punten ah ngiringan, seupan sampe
  • Tasripin Abdulkadir Bubur Cilamaya
  • Nining Suryani Kicimpring yg d jual d pom bensin deket alamsari. Coba cari cemilan itu gk ada d kab lain, bahan nya okelah sm singkong, to rasanya, hnya mungkin bentuk dn ukuran nya d buat lbih menarik, UKM perlu memperdayakn itu
  • Oyah Oyes serabi ijo
  • Mahdzavikia Lanange Jagat Bubur cilamaya euy, Toge n rumbah cilamaya
  • Adelia Juliawati Harun kerupuk udang rengasdengklok
  • Jejen Ghalank pencok kacang
  • Kang Enuy Zildjian mun naros na k urg krw kneh mh psti bkl rupa2, tp mun d coba dtaroskeun k urg luar krw, insyaallah tah godeg sdyna
  • Qibil Cii Koplok Ghotic karedok, lotek, pencok kacanq, cobek tutut, bakasem, pais keonq, gorenq simeut, acar belut, cobek tenqqek, anqeun pindanq, sanqray keuyeup, putu ayu, gerejeg, uli sasaur, gegeplak, tamblag, caranq aren, gemblonq, cuhcur, gorenq jenqkol, ganastori, unti, papais, karoket, dadar gulunq, gegetuk, urab sampeu, dodonqkal, jojonqkonq, wun kue, wajit
  • Ariga Stefaners Cazorla ada ya kelewat tuh rangginang
  • Ade Sopyan pindang cicinde
  • Ne’nie Okusan Rudiansyah dodongkal. .sasagon. .odading. .es jibeuh
  • Rhm Taziek Maranggi pedes
  • Gokil Cwo tahu jelototnu di cikampek
  • Rhm Taziek Bebek bakar ti cibuaya
  • Frayeta Pradana aya dei supa jarami, nu ayana di daerah kuring, eta tos tepi k’bangsa suta. Jg cobek jantung cau mangala,rumbah iwung awi
  • Unita Suherna pais jantung cau panginten
  • Ochi Kenzhyn Krupuk miskin,kripik oncom,simping dll
  • Ade Riyadi CareDoks Pais peda.pais urat hayam.pais tunggir hayam.pais hayam
  • Sopyan Kamal Al-karwangi Opak
  • Iwan Inoe Kurniawan combro setan jeung simping
  • Areev Hidayat aya deui kang Tahu Jeletot samping kantor pajak krwg,mani lada pisan euy
  • Toto Kasep Suhermanto Bubur kacang ijo dan ketan item nu di prapatan johar…waw ajip bangetz!
  • Ary Jemzherry Bubur kacang panjang jeung ketan biru nu aya di Batu Jaya…Ngeunah bangetz!
  • Bobi Alwy cimplo
  • Arai Hayabusa Mahardika kejo rabig alun alun KRW
  • Arnoez Anhoey Karawang galendo
  • Mba’e NaRatna Rizky Henang semprong khas dengklok
  • Ujang Karawang Makanan khas karawang simping dan kembang goyang
  • Eddie Mulyadi Gonjing
  • Iwan Tea akar kalapa tea geuningan

Sumber : Grup Facebook Karawang Info -> http://www.facebook.com/groups/52743629541/

Itulah keterangan Warga Karawang yang disampaikan dengan gaya penyampaian dan tutur bahasa yang khas masing-masing pribadi. Dari keterangan diatas, setidaknya ada gambaran bahwa banyak makanan khas dari dan di Karawang, baik yang dibuat dengan cara tradisional maupun yang sudah berpadu dengan cara modern, termasuk penamaannya. (Redaksi KarIn)

*) Foto : Ngaliwet Bareng Komunitas Blogger Karawang di Sekretariat P4S Bale Pare Karawang, Pasirkaliki Kec. Rawamerta (Dok. KarIn)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 19 Comments
Have Your Say
  1. ade says:

    Wah mantp ini info-infonya..

    jadi ga perlu beli koran….

  2. hasannuh says:

    waduh luar biasa banyak macamnya nih, eta fotona lagi lomba makan nasi liwet dari beras organik balepare.org ya…

    hehehe…

  3. babay says:

    pertarungan makan 3 insan manusia hahaha

  4. aden says:

    saya penasaran dengan nasi tangkar
    di cirebon ada nasi jamblang dan nasi lengko
    apakah bisa nasi tangkar jadi makanan khas karawang?

  5. Dhol says:

    nu pasti mah huduk + oreg tempe + bala-bala nu nikmat pisan mah,

  6. areev says:

    eta dauna ulah di seepkeun nya kang,kanggo mbe weh….

  7. KURNIAWAN SUKARNA says:

    Nyammmm….nyammmm…. huduk,maranggi,pangsit,pindang bandeng

  8. makanan khas karawang says:

    makanan khs karawang…??? nu paztina nu mana iyeu teh…???

  9. kangtatang says:

    eta jadina saha pemenangna? hehehehe

  10. MF-Abdullah says:

    Mantabs ey… indahnya kbersamaan dalam suapan…. hehehe )

  11. MF says:

    Keren pisan ey..

  12. Herry says:

    Saya asli putra karawang, lahir di cilamaya kulon. sekarang lg kerja di Papua, sy bingung klo di minta temen kerja bawa oleh2 khas karawang,.apa ya oleh2 khas karawang?..

  13. Karedok terong aor,cobek oncom/tempe.

  14. CANTIEK says:

    KANGENNNNNNNN MKN RANGGINANG M OPOR AYAM,KETUPAT JGA EY NYAMIIIIIIIII COZ GW DH 2THN JD TKW HAYANG UWIH EY

  15. Kolek catur mang sazjin Lampean hahaha

  16. Didin says:

    Makanan karawang mah, enak-enak euy.

  17. ahahahha… kueh kurupuk lope…wwkwkw

  18. gendro says:

    sesah mun nyebatkeun makan khas anu bener asli ti karawang, seueurnamah surupan tina makanan-makanan khas nu aya di tempat lain… tah upami kitu mun abi mah tukang nyeepkeun makanan khas….

    tapi ari bacetrok mah ngan saukur aya di karawang hungkul…

  19. ihat says:

    makanan khas karawang dan makanan khas sunda.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>