Published On: Sat, Feb 11th, 2012

Wawan, Budidayakan Tanaman Buah Langka Karawang

Buah Khas KarawangPada pameran pangan nasional Jakarta Food Security Summit 2012, para pengunjung yang mampir ke stand Kabupaten Karawang tampak heran dan bertanya-tanya ketika melihat aneka bibit tanaman buah-buahan yang ada di stand Karawang. Terutama buah kawista. Banyak yang belum mengenal jenis buah ini. Banyak yang belum tahu, di karawang terdapat banyak tanaman dan buah-buahan yang khas dan langka.

Wawan Kustiawan Syarief (43 tahun), inilah sosok penangkar tanaman buah yang konsisten membudidayakan dan mengembangkan berbagai jenis tanaman buah langka, terutama tanaman buah khas Karawang sejak 2007 silam. Tidak hanya menangkar dan mengembangkan, ternyata seiring waktu, Wawan dengan berbagai upaya terus berjuang mengenalkan tanaman-tanaman buah yang dikembangkannya ketingkat provinsi hingga nasional, salah satunya dengan mengikuti pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-10 Februari 2012 tersebut.

“Kita (karawang) punya tanaman buah lokal dan khas Karawang. Saya, melalui Axar Qiara ingin semua orang tahu bahwa banyak buah langka yang berasal dan tumbuh subur di Karawang,” ujar Wawan ketika KarIn temui disela-sela pameran.

Khususnya kawista, Wawan mengatakan buah kawista layak menjadi ikon buah Kabupaten Karawang.

“Jika subang menjadikan nanas sebagai ikonnya, Karawang pun punya buah khas yang layak djadikan ikon Karawang, yaitu kawista. Karena faktanya buah kawista banyak terdapat di Karawang sejak dulu,” terang Wawan.

Dari hobi menjadi bisnis

Tanaman Buah Langka Karawang“Awalnya karena hobi, lama-lamaan karena juga ada prosfek bisnis, maka saya seriuskan. Setidaknya, bisa mengoptimalkan lahan kosong di depan rumah menjadi lebih produktif,” tambah pria yang juga berdagang di Pasar Telagasari Karawang ini.

Jika dlihat dari latar belakang pendidikannya, Wawan yang lulusan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, memang cukup aneh jika pada akhirnya Ia kini jadi pemulia tanaman buah langka. Tapi ditengah situasi seperti sekarang, menurut Wawan latar belakang pendidikan tidak harus menjadi alasan yang menghalangi untuk turun kelapangan, menjadi wirausahawan maupun petani.

Kini, melalui badan usahanya yang Ia namai CV Axar Qiara Nursery, Wawan telah mengembangkan lebih dari 100 lebih tanaman buah langka, yang sebagian besar merupakan khas Karawang.

Kawista, golodog, sempur, kalangkala, kepel, nagasari, mangga hitam, itulah nama-nama buah langka unggulan Karawang yang dikembangbiakan Axar Qiara.

Penasaran? Ingin melihat secara langsung proses pembudidayaan atau ingin memiliki koleksi berbagai tanaman buah langka Karawang ini? Anda bisa datang ke Axar Qiara yang berlokasi di Jl. Pramuka No.11 Telagasari Karawang. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 4 Comments
Have Your Say
  1. susanto says:

    Yth karawang info,,mohon info no telp pembudidaya buah kawista bapak wawan.trims

  2. ya bener gan saya minta nomor Tlpn gan mohon infonya ya terimakssih

  3. inong says:

    terimakasih kpd karawang info?ahirnya saya bisa mendapatkan info tentang karawang dan sekitar karena saya sdg meninggalkan kota tsb lebih dari 20 thn
    maju terus karawang

  4. Saya sering mengkonsumsi kawista. Tapi itu dikasih oleh tetangga atau kelaurga. Kalau mencari di pasaran memang masih sulit. Perlu pembudidayaan yang lebih masif supaya bisa dikembangkan menjadi komoditi buah asli Karawang yang mudah dicari sehingga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>