Published On: Wed, Oct 12th, 2011

Karawang Ikut Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional di Kendari

Alat Fermentasi Pupuk Organik Cair

Alat Fermentasi Pupuk Organik Cair Bale Pare Karawang

Karawang (KarIn) – Melalui karya teknologi yang diciptakan KSPO Bale Pare dan Ayakan Beras Haji Bandi, Karawang turut serta dalam Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIII Tahun 2011 yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara tanggal 12-16 Oktober 2011. Keikutsertaan Karawang ini adalah buah dari prestasi yang diraih sebagai juara II pada Gelar Teknologi Tepat Guna Jawa Barat pada Juni lalu. Adapun posisi I ditempati Kab. Bandung dan juara III diraih Sumedang. Ketiga Kabupaten ini kemudian berhak untuk mewakili Jawa Barat pada Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

Wakil dari Karawang yang ikut serta, yakni Kelompok Studi Pertanian Organik (KSPO) Bale Pare dengan produk alat fermentasi pupuk organik cair dan ayakan beras Haji Bandi dari Kec. Banyusari merupakan 2 unggulan Karawang yang siap berprestasi dikancah nasional.  Bale Pare dan Ayakan Haji Bandi berangkat ke Kendari didampingi oleh Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara, MH.. Sebelumnya, Bale Pare Karawang pada 19 Agustus 2011 telah menerima penghargaan Anugerah Inovasi Jawa Barat 2011 dari Gubernur Jawa Barat di bidang pangan. Adapun Ayakan Haji Bandi, produknya sudah go internasional.

H. Rohmat Sarman, Ketua KSPO Bale Pare selaku koordinator peserta gelar teknologi tepat guna Kabupaten Karawang, mengatakan “Keberangkatan Bale Pare dan Ayakan Haji Bandi ke Kendari mewakili Jawa Barat merupakan hal yang patut disyukuri. Karena secara tidak langsung akan mengangkat citra Karawang sebagai lumbung padi sehat nasional. Saatnya Karawang berani bersaing dan unjuk gigi di level nasional. Kita harus buktikan bahwa Karawang khususnya dibidang pertanian adalah memiliki peran dan posisi stategis di Indonesia,” ujar Rohmat Sarman.

Karawang Lumbung Padi Sehat Nasional

Pada TTG Nasional XIII ini, Karawang datang ke kendari mengusung tema “Karawang Lumbung Padi Sehat Nasional.” Adapun produk unggulan atau karya inovasi teknologi tepat guna yang dibawa adalah Alat Fermentasi Pupuk Organik Cair karya KSPO Bale Pare dan Ayakan Beras Haji Bandi.

Teknologi Ayakan Beras
Ayakan Beras Haji Bandi Karawang

“Bale Pare membawa alat fermentasi, alat tersebut merupakan alat yang berguna untuk menghasilkan pupuk organik cair yang digunakan dalam budidaya pertanian organik. Sementara ayakan Haji Bandi merupakan alat yang berguna pada proses pasca panen. Dimana alat itu sangat berfungsi untuk mendukung peningkatan randemen beras,” ungkap Rohmat Sarman.

Perihal keikutsertaan Karawang untuk pertama kali pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ini, Drs. Saridin Sinabang, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Karawang mengatakan. “BPMPD Kabupaten Karawang diwakili Bale Pare dan Ayakan Haji Bandi ke TTG Tingkat Nasional di Kendari sebagai wakil Jawa Barat adalah berkat prestasi keduanya yang sudah berhasil membuat BPMPD Karawang menjadi juara II pada TTG tingkat Jawa Barat. Kita berharap, Bale Pare dan Ayakan Haji Bandi berprestasi pula di tingkat nasional.”

Lebih jauh, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Karawang, Ir. Nachrowi mengatakan bahwa kedua alat yang ditampilkan pada TTG Tingkat Nasional itu merupakan alat pendukung sukses Gerakan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), karena alat fermentasi mendukung budi daya padi organik dan ayakan merupakan alat yang mendukung peningkatan randemen padi menjadi beras.”

”Kita berharap KSPO Bale Pare dapat mengembangkan bakteri lokal probiotik yang dapat dimanfaatkan oleh petani melalui alat fermentasi yang sederhana. Dan kita juga berharap Ayakan Haji Bandi dapat membuat ayakan yang berkapasitas lebih besar karena untuk menyikapi Karawang menjadi lumbung padi sehat nasional,” ujar Ir. Nachrowi. (Deni Andriana, Faisal Muchtar, Kiki Iskandar)

Simak pula Video Karawang Lumbung Padi Sehat Nasional (Video Profil Pertanian Karawang yang dibawa dalam TTG Nasional XIII) -> http://www.youtube.com/watch?v=t8a037X8SBA

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 3 Comments
Have Your Say
  1. […] pembuat pupuk organik ini dipamerkan pada pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XIII di Kendari bulan Oktober ini sebagai karya unggulan dari Kab. Karawang dan Provinsi Jawa Barat. (Deni […]

  2. hasannuh says:

    Hidup Karawang! saya berharap karawang menjadi Lumbung Padi Sehat yang terbesar di Indonesia dan KSO Bale Pare sebagai pelopor,perintis dan pengembang teknologi tepat guna ini. Tidak hanya sebatas Beras Organik tetapi sayuran organik lainnya. Dan tidak hanya pemakai pupuk organik tetapi bisa menjadi distributor pupuk organik yang berproduksi lebih besar. Hidup KSO Bale Pare, Hidup KarawangInfo, Hidup Karawang.

  3. […] Beras Haji Bandi Karawang ini dipamerkan pada pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XIII di Kendari bulan Oktober ini sebagai karya unggulan dari Kab. Karawang dan Provinsi Jawa Barat bersama Alat […]

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>