Published On: Tue, Sep 21st, 2010

Mengatasi Hama Wereng Coklat

Oleh: Itang Sutisna, SPdi

Foto Wereng CokelatLedakan hama wereng terjadi di sebagian besar lahan sawah di Kabupaten Karawang, bahkan sudah mengakibatkan kembalinya virus tungro /penyakit kerdil yang sudah lama tidak terjadi di Karawang. Banyak biaya yang sudah dihabiskan oleh para petani untuk mengatasinya, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, hama makin mengganas. Sebaiknya para petani berpikir ulang, mengapa dengan penyemprotan berbagai macam merk pestisida, masih belum dapat mengatasinya.

Penyemprotan pestisida yang berlebihan menyebabkan semakin imun atau kebalnya hama tersebut. Yang terjadi di Karawang adalah penggunaan pestisida kimia di atas ambang batas pemakaian yang akan dengan sendirinya meracuni tanah dan air yang ada di dalam tanah.

Kita tahu masyarakat Karawang masih banyak yang menggunakan air tanah, memang belum ada pengecekan terhadap air tanah yang digunakan, jadi belum dapat diketahui seberapa tinggi tingkat pencemarannya. Perlahan dengan pasti, kita meracuni bukan hanya diri kita sendiri,tetapi keseluruhan keluarga kita, seperti yang kita ketahui pestisida yang ada di dalam tanah dan air, tidak dapat terurai secara otomatis, harus digunakan penanganan tertentu, dengan dimasak matang pun, yang terbunuh hanya kuman, tetapi cemaran kimia masih tetap ada.

Tulisan ini dibuat atas dasar kecemasan akan masa depan masyarakat Karawang, dengan mengkonsumsi hasil tanaman dan air yang tercemar, akan menyebabkan timbulnya wabah penyakit baru.

Ada cara yang lebih arif, yang dapat ditempuh oleh para petani Karawang, dengan cara penggunaan agents hayati dan pestisida nabati. Agents hayati adalah penghalau hama dengan menggunakan mikroorganisme dan jamur yang menjadi musuh hama tersebut seperti Beauvaria sp yang efektif untuk hama wereng coklat dan walang sangit, Corynebacterium untuk mengatasi penyakit kresek.

Sedangkan pestisida nabati adalah pestisida yang dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, mudah didapat dan terjangkau harganya seperti buah berenuk, umbi, gadung racun, jahe, lengkuas, sambiloto, mimba, jengkol, mengkudu dan masih banyak lagi. Dengan penggunaan agents hayati dan pestisida nabati ini selain bertani dengan biaya rendah, kita juga tidak mencemari lahan dan air, setidaknya kita mewariskan hal-hal yang baik bagi generasi penerus kita.

Agents hayati bisa didapat di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBP-OPT) yang berlokasi di Jatisari Karawang. Agents hayati ini harganya sangat terjangkau dan efektifitasnya setara dengan pestisida kimia, dan satu lagi keunggulannya adalah dapat diperbanyak sendiri. Ya betul, dibuat sendiri oleh para petani, selain caranya mudah juga dapat menekan biaya.

Berdasarkan pengalaman kami yang menggunakan agents hayati Beauvaria sp, tanaman padi kami tidak terserang hama wereng, karena bisa buat sendiri, kami dapat melakukan penyemprotan awal sebagai langkah pencegahan. Mengingat hal ini, kami menghimbau kepada para petani Karawang agar segera beralih ke produk yang aman bagi lingkungan.

Perbaikan kondisi lahan sawah dengan pemakaian pupuk kompos jerami sebagai pupuk dasar,kompos kotoran hewan sebagai pupuk tambahan,berikut pupuk cair yang kita bisa buat sendiri sekaligus pestisida buatan sendiri akan membawa hasil yang jauh lebih baik daripada yang sekarang ini.

Ada alternatif yang bagus dan baik sekaligus murah bagi para petani untuk menanam padi. Mudah-mudahan tulisan ini lewat Karawang Info dapat disampaikan pada para petani, semoga petani Karawang bisa sejahtera.

*) Warga Karawang, tinggal di Krajan 2 Gang Central,
RT 02/04, Desa Lemah Abang , Kec. Lemah Abang.
Seorang Mubaliq dan Juru Brata (Dalang)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 22 Comments
Have Your Say
  1. kanta subagio says:

    Setuju sakali,kiranya info ini dapat di ketahui oleh khalayak para petani baik di Karawang atau di daerah lain,sebab penggunaan Agents hayati dan pestisida nabati sangat bermanfaat dan sangat ramah lingkungan dan manfaat serta dampak panjangnya dapat melindungi pencemaran lingkungan kita juga bermanfaat buat lingkungan sebagai kelangsungan tuk generasi berikutnya,kiranya para petani Karawang sedikit merenung seberapa besar kontribusi pestisida kimia yg di gunakan sekarang ini tuk menyuburkan Tanaman padi baik untuk membasmi hama atau efek baik lainnya.

  2. Urip SR says:

    Tulisan yg bagus…
    Pencerahan buat petani. Salam Pedesaan!!!

  3. terima kasih kang urip,semoga berkenan untuk berkunjung ke blog kami,http://petanikarawang.blogspot.com,mudah-mudahan kita dapat bertukar pikiran demi kesejahteraan petani karawang.

  4. salam dari riyadh

  5. Sebuah pencerahan buat para petani

  6. ichwanpanudz says:

    ichwan panudz, 21 Desember 2010
    memang para petani kuwalahen dengan hama yang satu ini , tapi dengan solusi ini kami sangat
    setuju sekali untuk mengatasi hama tersebut, dengan penyemprotan obat-obat alami seperti pes
    tisida nabati.

  7. ali says:

    di daerah kami pada berbondong -bondong menanam padi yang kedua kali, yang pertama penanaman semua ludes diserang hama wereng, tetapi dari pihak lembaga atau aparat yang berwenang di bidang pertanian tidak sama mempedulikan tentang bagaimana cara mengatasi hama wereng tersebut. setelah saya membaca artikel ini saya akan mencoba dengan menggunakan pertisida hayati yang ada di artikel ini. apakah dari berbagai jenis racikan pestisida hayati ini jika kurang lengkap bisa membasmi hama wereng tersebut?

  8. […] terancam hidupnya,makin banyak telur yang dihasilkan, hal ini terlihat jelas pada pola penanganan hama wereng batang coklat. Tanpa perubahan dalam pola penanaman, bencana akibat serangan hama tidak dapat […]

  9. didit says:

    artikel cukup bagus,kalau bisa lebh banyak cara2 pengendalian hama,tolong saya dikirimi cara2 efektif pembasmian hama wereng,masalahnya sekarang hama wereng membeludak di kab.lamongan,terimakasih.

  10. lilik says:

    salam kenal kami petani desa ngaringan.kec ngaringan .kab grobogan jateng ingin tahu lebih banyak tetang wereng dan cara mengatasinya baru kali in desa kami terkena hama wereng yang membuat kami tidak bisa panen. mati wereng hidup petani apa obat yang cocok>
    ?

  11. FAFA says:

    YA,,, TERIMA KASIH ATAS MASUKANNYA……………………………………………………..

  12. Rendyca says:

    Mksh infonya, n tlg skalian dmuat jg cra membuatnya,salam sukses selalu pak tani,,,

  13. sastro says:

    Terima kasih atas pencerahannya, kami petani di wilayah blora yg saat ini.. tanaman padi kami terserang hama wereng coklat., semoga info tersebut bermanfaat buat kami semua. Amin

  14. naryo says:

    terima kasih atas penjelasannya..moga2..bisa …tambah maju buat petani..semua..salam kami..petani ponorogo….

  15. arya says:

    semoga benar ada pestisida organik yg ampuh untuk serangga penggangu, terutama wereng coklat maupun hijau dan dpt dibeli oleh petani di deluruh Indonesia, tks

  16. m.khoironi says:

    tlg dikasih tau dong cara bikin obat hayati tsb.

  17. wong ndeso says:

    artikel yg sangat bermanfaat bg para petani..kami di tuban jg sdh mulai pakai pestisida nabati spt diatas,kalo umpamanya diberi tahu cara bikinnya kami tentu sangat senang,matur suwun

  18. muh rozaqun says:

    penasaran ingin coba tekan saza oza

  19. puji says:

    apakah agen hayati bisa di dapat di jawa tengah?????

  20. suherman says:

    mengatasai hama wereng gampang jangan tanam padi jenis cierang gampang terkena hama wereng tanam aja bibit padi 64 tahan bantingan………. wasalam….. ? trima kasih n mhn ma’af…….

  21. nur kholis says:

    assalaaamu alaikum,,
    d tmpat sya banyk skli hama n penykit pd padi sprti daun batang mmbusuk,belalang hijau, wereng,tikus dll,.kita sudah mncoba mngatasi smw itu dg brbagai cra:mmbrikn insektisida,mgubah jenis pupuk ..mnta tolong d brikn solusi mgenai mslh prtanian d tmpat saya ini.

  22. imam faperta unsika 2011 says:

    kasi tau aku donk……. masalah cara menangani hama padi dll…… krimin info’y lwat e-mail aku bhaonksigarilest@yahoo.com oke……………. atas bantuan;y sy ucapkan banyak-banyak etrima kasih………

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>