Published On: Tue, Aug 10th, 2010

Cara Mengatasi Bau Mulut (Nafas Bau) di Bulan Puasa

Mulut Bau Saat BerpuasaNafas bau atau mulut bau aroma yang tidak sedap sebenarnya menjadi hal yang normal selama seseorang menjali ibadah puasa termausk Puasa Ramadhan sebulan penuh, justru ini menjadi ciri khas tersendiri. Ciri khas jika nafas-nafas beraroma tidak sedap bertebaran dimana-mana. Bahkan dalam sebuah candaan, untuk mengecek apakah seseorang berpuasa atau tidak maka bisa dicek dari bau nafasnya, apakah bau dengan aroma tidak sedap atau malah sebaliknya yakni bau rokok, bau baso, mie ayam dsb.

Walaupun bau mulut dengan aroma yang tidak sedap adalah hal yang lumrah selama puasa, namun untuk sebagian orang ini menjadi suatu persoalan, mengurangi rasa percaya diri dsb. Berikut adalah beberapa tips yang KarIn kutip dari medicastore.com untuk anda yang ingin menghilangkan ciri khas bau puasa atau bau mulut saat berpuasa :

  1. Hindari menyantap hidangan yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai, jengkol, bawang mentah pada saat bersantap sahur.
  2. Selesai makan sahur, minum air putih banyak-banyak.
  3. Menggosok gigi dan menyikat lidah setelah makan dan menjelang tidur. Permukaan lidah yang tak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana.
  4. Berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut.
  5. Di lingkungan keluarga Arab ada kebiasan mengunyah sejumput adas manis sehabis makan. Setelah dikunyah dan disisip airnya, ampasnya dibuang. Aroma adas manis yang harumnya mirip aroma obat batuk benar-benar ‘pencuci mulut’ yang bisa diandalkan saat puasa.
  6. Sahur dengan menu sayuran tumis atau sayur bening dan ditutup dengan semangkuk buah segar.
  7. Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur setelah makan sahur. Air rebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut.

Deni Andriana

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. bang ucup says:

    iya memang benar tanda orang puasa salah satunya adalah bau mulut yg beda dari hari jika tidak puasa.Termsuk saya sendiri jadi Terima kasih tipsnya…

    salam

  2. kanta subagio says:

    Terima kasih tipsnya…met menjalankan ibadah puasa moga amal ibadah kita di terima ALLAH SWT

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>