Published On: Tue, Jun 1st, 2010

Tatang Iwan Suryana, Konsisten Kampanyekan Open Source di Karawang

Karawang (KarIn) – Tatang Iwan S (Suryana), namanya sekilas mengingatkan kita pada seniman komik Tatang S yang melegenda itu. Namun, walaupun namanya hampir sama, keduanya berbeda haluan. Jika Tatang S adalah pakar dalam seni komik, sedangkan Tatang Iwan adalah pakar pada bidang yang berbeda, Ia adalah pakar sistem operasi  komputer. Khususnya di Karawang, Ia konsisten mengampanyekan penggunaan sistem operasi Linux sebagai sistem operasi yang mempunyai target untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati manfaat komputer, tanpa ditakuti dengan label asli atau bajakan. Karena, Linux sendiri adalah sistem operasi bersifat open source yang dibuat untuk digunakan, digandakan dan dimodifikasi secara bebas (free) oleh masyarakat.

Berikut adalah profilnya yang KarIn kutip dari blog pribadinya :

Saya adalah orang biasa, pernah bekerja di sebuah instansi pemerintah (saat ini sudah resmi resign dari  dan memilih untuk wirausaha di bidang jasa IT bersama rekan saya). Saya bukan seorang ahli komputer atau ahli teknologi informasi (IT). Saya peduli dengan gagasan Free/Open Source, dikarenakan idealismenya yang mengesampingkan konsep kapitalisme demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan seluruh umat manusia. Bahwa, semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama dalam belajar dan berkreasi tanpa dibatasi oleh ketidakmampuan dalam bidang finansial. Setiap individu berhak dan bebas berkreatifitas dengan perangkat komputer miliknya atau milik publik (perpustakaan, sekolah dll) dengan perangkat lunak yang terpasang di dalamnya.

Seperti itulah Ia mengidentifikasi dirinya dan identifikasi tersebut memang benar adanya. Ia menjadi sosok yang konsisten mengampanyekan open source baik secara online maupun offline. Dimana faktanya di Karawang sendiri, open source dengan Linux-nya belum begitu diakrabi oleh para pengguna komputer, yang selama ini masih bergantung pada produk dari raksasa ‘komersil’ bernama Windows dengan produknya seperti microsoft dsb. Padahal, seperti yang diulas pria yang tinggal di Warung Bambu Karawang Timur ini, open source itu lebih hemat dan bahkan keamanannya (security-nya) lebih bisa diandalkan.

“Menggunakan ‘Linux’ berarti mendukung gerakan Indonesia Go Open Source serta dalam rangka penghematan, karena jika kita menggunakan OS Propietary seperti Windows serta aplikasi tambahannya, maka cost (biaya) untuk membeli lisensi original adalah sangat mahal. Dan jika ternyata kita menggunakan software bajakan, maka itu sama saja dengan merendahkan martabat kita sendiri. Ingat bajakan adalah haram,” ujar Tatang Iwan melalui salah satu artikelnya tentang Distro Linux pada blog pribadinya.

Mengkampanyekan dan Mengajarkan Linux Melalui Blog

Melalui salah satu blognya (www.kangtatang.wordpress.com), pria yang murah senyum dan bertekad untuk selalu setia pada istrinya sebagaimana Ia setia pada Linux ini, sejak pertengahan 2008 silam hingga sekarang, secara konsisten mengampanyekan penggunaan Linux. Khususnya di Karawang seperti diulas diatas, faktanya di lapangan memang banyak yang belum paham mengenai open source dan Linux, maka memberi pemahaman secara online yang salah satunya melalui blog adalah pilihannya. Dengan artikel-artikel originalnya Ia kerap membahas Linux dan berbagai aplikasi tambahannya secara sistematis dan mendetil.

Linux Itu Indah, Murah dan Halal – begitu Ia memberi tagline atau jargon untuk blognya. Dan jika Anda berkunjung ke blog pria yang akrab dipanggil dengan nama Kang Tatang ini, Anda akan menemukan artikel-artikel original seputar dunia open source dan per-Linux-an. Jika Anda bingung dengan isi bahasannya? Maka, Ia pun senantiasa dengan telaten menanggapi pertanyaan dan bahkan ramah untuk diajak berdiskusi lebih lanjut.

Selain melalui blog, di dunia online pria yang dengan blognya tersebut menjadi Juara II Live Blogging Amprokan Blogger Bekasi 2010 ini, juga aktif mengampanyekan Linux di situs jejaring Facebook dan media lainnya di ranah internet. Bahkan, ketika ditemui secara tatap muka pria kelahiran Sumedang 14 Juni 1976 ini pun dengan ramah dan bersemangat membagi ilmunya dan pengetahuannya.

“Yang menganggap Linux itu susah, karena Ia memang belum terbiasa menggunakannya. Mungkin karena sudah terlalu lama dengan windows, jadi ini hanya tentang kebiasaan,” ujar pria yang menjabat sebagai Humas Blogger Karawang ini pada KarIn beberapa waktu silam. Selain menjadi Humas Blogger Karawang, pekerjaan utamanya kini adalah sebagai wirausahawan di bidang jasa IT (SolusiWebPro) bersama Pakar IT Karawang lainnya yakni Hasannuh BZ.

Faktor kebiasaan dan sebuah idiom tak kenal maka tak sayang inilah yang memang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi para seniman dan pendukung open source untuk memasyarakatkan Linux khususnya di Karawang, dan sosok seperti Tatang Iwan S inilah salah satu pejuang yang tentunya tetap diharapkan berada di garda depan, untuk menyebarkan ‘virus’ Linux ke masyarakat Karawang dimana tentunya juga perlu diapresiasi dan didukung oleh warga lainnya.  (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 8 Comments
Have Your Say
  1. Kang tatang pokokna mah.. linux..linux..dan linux.. hehe

  2. Bang Endog says:

    Kampus Sapta Informatika sejak keberadaan di karawang dan berlokasi di Ruko Mayofield Krw sudah mengkampanyekan Open source sejak berdiri nya kampus Sapta Informatika hingga sekarang serta pada bulan April 2010 kami pun telah menyelenggarakan serta memfasilitasi seminar & workshop Open Source yang di hadirin peserta sebanyak 500 orang (angka yang fantastic buat kami) secara gratis dengan nara sumber/pembicaranya adalah DR. Romi Satrio Wahono, B.Eng, M.eng

  3. Kanta Subagio says:

    Salam aja deh buat Kang Tatang,yg telah berjuang dan berjasa buat para netter karawang khusunya kahalayak sperti kami yg keberadaannya jauh dari kota karawang dan naif dari ilmu tsb. dan buatnya KARIN moga eksis selalu keberadaannya hingga informasinya dapat bermanfaa&berharga bagi kami yg haus akan updateannya bisa dikit banyak mengobati kerinduan hati nan jauh dari kampung halaman.biarkan KARIN menjadi info media warga karawang OL INT’L
    salam dari warga karawang yg jauh di neg orang.

  4. Elang permana says:

    ilmu itu darimana saja kita dapat,apalagi yg mudah di dapat dan di akses spt ngapdet BLOG nya BLOGKAR.sangat efesien, hemat, bermanfaat gak susah susah harus datang ke sebuah forum diskusi ilmiah lah,forum apalah…sekarang zamannya ONLINE Bozz
    maju terus karin buat kang Tatang Mantabz blog& dedikasinya…hidup Karawang.

  5. kokang says:

    waduh hebring lah kang tatang
    tapi saya acan bisa linux yeuh
    bisa donk mengajarkan hehe

  6. nady says:

    wah kang tatang hebat uyy….
    ayo chayoo supaya karawang banyak yang pake linux…
    open source gitu…
    hehe

  7. Kandangtips says:

    tokoh mudsa nih.. patut kta tiru!

  8. karesep says:

    hidup kang tatang…….
    cayo cayo….

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>