Published On: Sat, Apr 3rd, 2010

Sosialisasi Tanaman Obat Ala Desa Pulokalapa

Tanaman Obat BerkhasiatLemahabang (KarIn) – Banyak tanaman obat atau tanaman obat keluarga (Toga) yang keberadaannya sudah langka. Khususnya di Karawang, selain langka tamanan obat ini bahkan untuk anak-anak generasi kini hampir dipastikan tidak semua bisa menghapalnya.

Untuk memasyarakatkan kembali tanaman obat itulah, Aparat Desa Pulokalapa Kec. Lemahabang Karawang membuat sebuah papan informasi yang memuat keterangan berbagai macam tanaman obat berserta fungsi dan cara mengolahnya. Tidak hanya itu, dibawah papan informasi itu terdapat juga aneka tanaman obat yang dipelihara.

Desa Pulokalapa sendiri merupakan daerah yang selalu dipadati pengunjung terutama pada malam sabtu setiap minggunya, karena di desa ini terdapat Makam atau Patilasan Syeh Quro yang selalu dipadati para penjiarah dari berbagai daerah di Indonesia. Syeh Quro sendiri dalam salah satu sumber sejarah dinyatakan sebagai gurunya para wali (red : Wali Sanga)

“Setidaknya, papan informasi ini dapat dibaca tidak hanya oleh warga Pulokalapa tapi juga para penjirah sehingga informasi mengenai tanaman obat dan kegunaannya dapat tersebar luas ke berbagai daerah dari para penjiarah yang datang ke desa ini,” ujar salah seorang aparat desa pada KarIn. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 5 Comments
Have Your Say
  1. jabon says:

    WOW..!! cara yang efektif..

  2. faisal says:

    Nuhun Info na…Krenn…

  3. rahmatea says:

    ide bagus ……..semoga bisa lebih memasyarakat lagi di daerah lainnya…

  4. salim munajat says:

    Sebenarnya obat kampung itu, tidak kalah dengan obat yang dijual di toko obat, dan efek sampingnya juga kecil. ini perlu dilestarikan warisan budaya daerah/bangsa

  5. cahya says:

    … salam kenal..
    minta tolong yang punya jaringao yang sedang berbunga, tolong kabarin saya di 081808978181.
    terima kasih…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>