Published On: Thu, Mar 18th, 2010

Mengenal dan Memulai Ngeblog

Khusus yang belum kenal dengan blog, secara ringkas blog bisa kita pahami sebagai media di internet (online) tempat kita menulis, memajang foto, film, dan sejenisnya sehingga dapat dilihat oleh orang lain yang berselancar di dunia maya (baca : internet). Contohnya adalah www.karawanginfo.com ini. Blog, weblog, website, situs adalah nama-nama sejenis, yang kini sudah dianggap sama. Sedangkan blogger adalah orang yang membuat, mengelola dan menerbitkan tulisan atau karyanya melalui blog (ngeblog).

Membuat blog tidaklah susah, jika Anda tahu dan punya akun di Facebook, maka membuat blog tidak ada bedanya dengan Facebook, kelebihannya dibanding Facebook misalnya, Blog lebih bebas untuk dimodifikasi dan bisa dilihat oleh banyak orang, berbeda dengan akun kita di Facebook yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang juga bergabung di Facebook itu pun dengan cara harus terhubung dulu sebagai teman dalam jaringan social atau (social networking) tersebut.

Setidaknya ada dua jenis blog dari cara membuatnya :

  1. Blog gratisan – Kita bisa membuatnya melalui layanan seperti blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dsb. Nantinya kita akan mendapatkan alamat blog kita, misalnya www.anakkarawang.blogspot.com dsb.
  2. Blog berbayar – kita mesti menyewa domain (alamat blog) dan hosting (tempat menyimpan data), kelebihannya alata blog kita nanti tanpa embel-embel penyedia layannya, sehingga bisa langsung dengan ektensi seperti dot com, dot net, dot info dsb, misalnya www.goyangkarawang.com dsb. Lebih lanjut silahkan simak blog-blog warga Karawang yang terdaftar di www.bloggerkarawang.net atau di Daftar Blogger KarIn diatas.

SEJARAH BLOG sendiri sangat panjang jika dirunut dari jaman ke jaman, namun khususnya di Karawang, sejak 9 Mei 2009 lalu telah berdiri komunitas blogger Karawang (Blogkar), dimana komunitas ini merupakan wadah bagi blogger-blogger asal Karawang. Hingga kini seperti yang terlihat di web bersama Blogkar (www.bloggerkarawang.net) telah tergabung 50 orang lebih. Jumlah ini sekaligus membuktikan bahwa orang Karawang tidak kalah dalam hal teknologi informasi dan komunitas terutama internet.

Keuntungan dari Ngeblog

Seperti halnya tujuan orang membuat akun di Facebook yang berbeda-beda, begitupun tujuan dari orang untuk beraktivitas di dunia blog (ngeblog) juga berbeda-beda. Ada yang tujuannya sekedar hanya ingin menyalurkan hobinya dalam menulis, fotografi dan ada juga yang ingin menghasilkan uang dari blog. Apapun tujuannya, ngeblog merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat baik secara individu bloggernya maupun bagi orang lain (pembacanya) dan juga bagi lingkungan.

Contohnya, seorang blogger dari sebuah daerah, ia menulis tentang daerahnya diblog, misalnya tentang objek wisata dan makanan khas daerahnya maka secara tidak langsung Ia telah menjadi humas atau duta wisata untuk daerahnya tersebut. Kelebihannya, karena internet dapat diakses oleh orang dari berbagai belahan dunia maka promosi  tersebut akan lebih luas.

Lebih jauh, secara materi blog pun dapat menjadi ladang untuk mendulang penghasilan. Dalam hal ini ada yang disebut internet marketing atau bisnis online. Melalui blog, seseorang bisa mempromosikan produknya sendiri atau pun produk orang lain, dan tentunya Ia mendapatkan komisi atas jasanya itu.

Itulah sedikit pengenalan blog dari KarIn, untuk mengenal lebih jauh teknis membuat dan mengelola blog, KarIn sarankan akan lebih baik jika Anda langsung membuatnya terlebih dahulu, dimulai dari blog gratisan. Dengan praktek langsung anda dijamin akan menemukan sendiri berbagai teknik dan cara-caranya. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. APX says:

    kalo saya ngeblog iseng aja….+ liat yang ++

  2. memang benar.. tujuan ngeblog mungkin gak sama…
    akan tetapi ngeblog lebih terasa asik jika kita ikhlas…
    semoga blogger karawang tetap sukses selalu
    salam

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>