Published On: Tue, Mar 16th, 2010

Cara dan Tips Memilih Perguruan Tinggi atau Tempat Kuliah

tempat kuliah di indonesiaBeberapa bulan kedepan pasca UN dan Lulus, para pelajar SMA yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang univeritas pastinya lagi mencari perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta terbaik di nusantara atau bahkan perguruan tinggi terbaik di luar negeri. Untuk itu KarIn kembali memberikan masukan berupa cara memilih perguruan tinggi atau tips memilih tempat kuliah bagi calon mahasiswa yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat, sehingga mendapatkan tempat kuliah yang tepat atau kampus terbaik!

Ketika memilih dan memilah tempat kuliah, kampus atau universitas yang akan anda jadikan pilihan, hal-hal yang perlu anda perhatikan selain biaya kuliah diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jaringan Alumni. Tidak banyak kampus (univeritas) yang memiliki jaringan atau Ikatan Alumni yang kuat walau kampus negeri sekalipun. Faktor jaringan atau koneksi adalah yang Anda butuhkan nantinya selepas kuliah baik itu yang mau bekerja maupun yang mau berwirausaha. Di internet, masuklah misalnya melalui Google.com atau nowGoogle.com lalu lacak (search) dengan kata kunci “Ikatan Alumni Universitas …..” atau dengan cara Anda bertanya langsung ke lokasi.
  2. Fasilitas, menjadi hak Anda sebagai calon mahasiswa untuk mengecek biaya yang Anda keluarkan nantinya dengan fasilitas yang Anda akan dapatkan. Semahal apapun biaya kuliah yang Anda keluarkan jika fasilitas kuliahnya sepadan tentunya Anda tidak akan rugi. Tapi, jika biaya tidak sesuai dengan fasilitas hal ini juga yang Anda harus perhatikan. Caranya sejak sekarang Anda bisa mengecek misalnya benar tidaknya fasilitas A, B, C dll yang ada di brosur atau iklan memang ada di kampus tersebut atau malah hanya rekayasa. Intinya anda harus mengenal sejak awal calon tempat kuliah anda sedini mungkin.
  3. Iklim pergaulan di kampus – Iklim kampus disini maksudnya pergaulan atau kondisi sosial dalam kampus, misalnya bagaimana pergerakan organisasi kemahasiswaannya (Anda bisa liat misalnya kampus mana yang mahasiswanya sering demo, yang sering tawuran, yang sering mendapatkan prestasi dan lain-lain). Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan, karena situasi lingkungan di kampus akan menentukan bahkan lebih besar persentasenya dibandikan kuliah di kelas dalam mendidik dan mempengaruhi Anda di kemudian hari.

Simak Juga (Klik) -> Tips Memilih Jurusan dan Tempat Kuliah Untuk Pelajar Karawang

Deni Andriana

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 10 Comments
Have Your Say
  1. Infonya mantap boz..
    bagi yang mau masuk UNSRI,,,boleh hubungi saya….

  2. Kurniawan DW says:

    Yang penting tu biaya kuliah ma biaya hidup tuch,palagi yang merantau….
    kalo orng kaya sich gak masalah…..

  3. Terima kasih infonya, akan sangat membantu bagi adik2 siswa sman 1 cikampek.

    kami share info ini ke wall kami 🙂

  4. Kanta Subagio says:

    Menuntut ilmu adalah sesuatu kewajiban kita sebagai seorang insan Warga negara indonesia yang baik,hal tersebut kaitannya dalam agama sangat di anjurkan sebagaimana dalam hadits.juga suatu tuntutan kehidupan,terutama khususnya para calon Mahasiswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi yg hendaknya meperhatikan tips2 di atas yg telah di uraikan pada artikel di atas.hanya pandangan saya pribadi betapa mulianya para calon mahasiswa yg akan melanjutkan studinya nanti di mulai dengan niat mencari ilmu yg bermanfaat bagi agama,bangsa&negara,spt nya ini hal yg pertama harus di tanamkan. mengenai masalh teknis sudah di ulas oleh Karin dengan sangat detail&jelas.semoga tidak hanya mengejar Gelar,titel dll semata jadilah insan indonesia yg seutuhnya, religius dgn ilmunya serta berintelektualitas tinggi.

  5. Tonton Adi Permana says:

    MEnurut Saya pergruan tinggi dimana2 sama saja, yang penting niat nya, mau kuliah atau mau main???
    Banyak teman2 satu angkatan saya yang kuliah nya di luar kota & akhirnya balik lagi ke Karawang kuliah nya kerena mereka tidak kuat dengan kondisi & keadaan ekonomi orang tua nya.
    Karawang sendiri dari dulu sudah punya universitas yang dimana universitas tesebut sedang dalam proses penegrian, jadi Buat apa Jauh2 Kuliah di Luar Karawang sedangkan di Karawang sendiri sudah ada Universitas.
    So… Bagi adik2 yang mau kuliah mendingan di Karawang saja, mau kuliah di mana2 pun sama saja, Yang Penting Niat nya.

  6. Agus Rivai says:

    info ini sangat bermanfaat buat yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, sukses selalu

  7. A_SU says:

    untuk calon mahasiswa baru yang maw kuliah dijogja. silahkan minta bantuan komunitas mahasiswa Karawang yang merantau di kota Gudeg “KELUARGA KARAWANG YOGYAKARTA”. biasanya tiap tahun kita selalu membantu camaba dari krw. tuk info: 62857 8040 1248
    kami tunggu kedatangan adik2&rekan2 camaba dikota gudeg

  8. mate says:

    saya mau melanjutkan kuliah di indonesia

  9. […] Cara dan Tips Memilih Perguruan Tinggi atau Tempat Kuliah […]

  10. Sebenarnya sederhana saja memilih sebuah tempat terbaik untuk kuliah. Asalkan kita sreg itu menurut saya sudah cukup. Karena dengan sreg dan nyaman kita akan dapat mengembangkan potensi kita secara maksimal. irhampmat.blogspot.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>