Published On: Thu, Dec 10th, 2009

Manfaat Jalan Kaki

Jalan Kaki Sehat

Karawang (KarIn) – Di Karawang khususnya, banyaknya kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil selain membuat kemacetan dan polusi ternyata mengikis kebiasaan bersepeda dan jalan kaki. Tidak sedikit ditemukan, hanya untuk menuju tempat dengan jarak sekitar 100 meter warga menggunakan sepeda motor. Alasannya praktis dan hemat energi, padahal energi bernama bensin disadari atau tidak  telah dikeluarkan. Jika jarak yang pendek itu ditempuh dengan berjalan kaki misalnya, selain menyehatkan dompet juga menyehatkan badan.

Terkait dengan jalan kaki ini, kita layak mencontoh perilaku-perilaku bangsa lain seperti Jepang, disana seperti yang diceritakan warga Karawang yang pernah bertugas di Jepang, warga kota di Negeri Matahari Terbit itu banyak yang membiasakan diri untuk berjalan kaki, sehingga yang namanya trotoar berfungsi secara maksimal. Sedangkan di negeri kita, trotoar kebanyakan beralih fungsi menjadi tempat jualan Pedagang Kaki Lima (PKL). Hal ini bisa jadi karena dua hal, pedagang kaki lima yang membuat pejalan kaki menjadi tergusur atau tidak banyaknya pejalan kaki di trotoar yang memberikan PKL peluang untuk mengambil alih. Pastinya artikel ini bukan untuk menjawab hal itu, jadi jawabannya bisa Anda munculkan sendiri.

Lebih jauh mengenai jalan kaki, beberapa penelitian menyebutkan bahwa jalan kaki memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan manusia baik secara fisik maupun psikologis. Seperti yang dirilis Inilah.Com, setidaknya ada delapan manfaat dari berjalan kaki. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki beserta penjelasannya seperti yang diulas Inilah.Com :

  1. Baik untuk jantung

    Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center baru-baru ini ditemukan bahwa berjalan kaki 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tingginya risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Sebanyak 24 juta perempuan di AS menderita metabolic syndrome. Sementara itu dalam sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki selama setengah jam dalam sehari dapat mengurangi bahaya penyakit jantung sebesar 11%, terutama bagi perempuan.

  2. Mengurangi risiko kanker payudara

    Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi bahaya risiko terkena kanker payudara. Ketika berjalan kaki, lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.Dalam studi ini disimpulkan 74 ribu perempuan mengalami post-menopause yang berumur antara 50-79 tahun dengan berat badan normal, ternyata mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 30%, dan sekitar 10-20% bagi perempuan yang kelebihan berat badan.

  3. Membuat tidur lebih nyenyak

    National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotonin yang memebuat anda akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi hindari berjalan kaki dua jam sebelum tidur.

  4. Mengurangi rasa sakit atau nyeri

    Dengan berjalan kaki secara reguler akan membuat tubuh anda merasa nyaman karena adanya gerakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pergerakan tangan dan yang paling utama adalah kaki. Menurut  instruktur kesehatan Alice Peters Diffely, Berjalan kaki akan mengurangi risiko cedera atau kram dan membuat tubuh kita terasa labih baik.

  5. Membuat bahagia

    Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres. Bahkan studi Universitas Temple menyebutkan berjalan kaki 90 menit selama lima kali dalam seminggu bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia.

  6. Membuat langsing

    Berjalan kaki selama 30 menit/hari dapat mengurangi berat badan. Bahakan dalan sebuah penelitian Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan bahwa perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu mingu dan mengkonsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam setahun.

  7. Awet muda

    Beberapa studi yang telah dilakukan menyarankan pada manula untuk lebih sering berjalan kaki karena dapat mengurangi terkena risiko penyakit alzheimer. Berjalan kaki juga membuat otak menjadi aktif.

  8. Mengurangi keropos tulang

    Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi keropos tulang. Berjalan kaki yang menggunakan 95% otot tubuh akan membuat tulang lebih kuat untuk menahan beban tubuh.

Itulah delapan manfaat berjalan kaki dari sisi kesehatan jasmani dan psikologis. Namun menurut analisis yang KarIn lakukan, sebenarnya masih banyak manfaat lainnya dari berjalan kaki ini. Setidaknya KarIn menyimpulkan jalan kaki juga memiliki manfaat lain secara sosial dan ekonomi, berikut diantaranya :

  1. Menghemat biaya

    Untuk jarak dekat, jalan kaki layak dipilih dibandingkan menggunakan sepeda motor atau mobil, hal ini tentunya akan menghemat biaya untuk bahan bakar atau ongkos kendaraan. Setidaknya, minimal air minum adalah penggantinya. Dihitung dari harga, air minum pastinya lebih murah dibandingkan bensin.

  2. Mempererat tali silatutami dengan masyarakat

    Faktor gengsi atau bahkan pamer kendaraan bisa jadi menjadi alasan dibalik enggannya berjalan kaki terutama dalam menempuh jarak terbilang dekat. Padahal dengan berjalan kaki bersosialisasi dengan masyarakat atau tetangga lebih memungkinkan, setidaknya berpapasan dengan tetangga dan saling bersapa tegur akan mempererat tali silaturahmi.

  3. Mengurangi polusi

    Dengan berjalan kaki dan tidak menggunakan kendaraan bermotor tentunya kita berkontribusi untuk mengurangi polusi terhadap lingkungan.

  4. Dan manfaat lainnya

    Tentunya masih banyak manfaat lainnya dari jalan kaki ini, dan sesuai pengalaman masing-masing, kita pun bisa menambahkannya.

Banyaknya manfaat atau fungsi jalan kaki ini menjadi alasan untuk kita kembali membudayakan jalan kaki, terutama bagi kita yang selama ini mempunyai ketergantungan pada kendaraan bermotor. Sehat itu murah jika kita sadari dan menjalankan pola hidup sehat secara baik. Dan, sakit itu mahal, karena itu jaga kesehatan sebelum kita sakit. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 13 Comments
Have Your Say
  1. Zaenal says:

    Ya setuju, tapi kadangkala pembangunan kota sekarang tidak mengakomodir buat pejalan kaki. Yaitu tadi, trotoar dipake berdagang, belum lagi masalah keamanan baik dari gangguan terserempet kendaraan ataupun kriminal. Tempat parkir kendaraan yang baik pun jarang, buat kita parkir kendaraan selanjutnya keliling kota dengan jalan kaki. Masa iya dari Cikampek – Karawang full jalan kaki….???@#

  2. akhatam says:

    Sehat…!!! hehehe

  3. Rival Aditya says:

    wah info yg sgt bermanfaat buat aq…. lanjutkan

  4. CHIN ROSE says:

    Semua itu karena kebiasaan saja. Orang kita tidak mau membiasakan naik sepeda untuk jarak dekat ya akhirnya kemana2 naik motor. Padahal kalau kita mau melihat negara2 maju, mereka kesadarannya untuk hidup sehat sudah tinggi. Dengan bersepeda akan lebih sehat selain itu juga mengurangi polusi udara. Selain orang Jepang, juga orang Belanda walaupun sedang memakai jas dan dasi mereka tidak merasa malu untuk bersepeda. Semua itu karena biasa……

  5. javabis99 | bisnis online n hobby blog says:

    thanks tipsnya ini bermanfaat sekali, taunya cuma umum2 aja utk kesehatan, kebugaran, dll ga smpe detail bgini, ok

  6. Gotblogger says:

    Nah jalan kaki memang penting, betis kuat terlatih dari pada naik motor ama naik mboil terus biki polusi aja!!

  7. bintang says:

    kalo kita lagi jalan2 ke Mall buat shopping…itu namanya jalan kaki juga kan keliling mall…apa ini termasuk salah satu manfaat jalan kaki???

  8. yusrond says:

    alhamdulillah. aku cowo’. gak mungkin kena kanker payudara.
    wkwkwk

  9. MediaCreative Indramayu says:

    Kunjungan Minggu

  10. akh apry says:

    ya ja;an kaki emang bikin badan sehat….masyarakat karawang juga bisa memanfaatkan car free day yang di adakan tiap hari minggu pagi…
    selain jalan kaki mari kita galangkan lagi sepeda ontel yang makin di tingalkan warga karawang

  11. Tutorial Blog : Simple a Blog for Sharing a Information says:

    tujuan utama sih sehat n ngirit om..
    hidup pejalan kaki…
    tapi kok takut kaki bengkak ya..

  12. Mr Sukses says:

    klo di denpasar car free day laris manis mas bro, ini baik untuk hiburan plus kesehatan

  13. Mr Gokil says:

    sy lebih memilih agar pemerintah tidak hanya mementingkan dirinya sendiri dan lupa dengan kesehatan rakyat

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>