Published On: Mon, Oct 5th, 2009

1 Tahun Karawang Info : Sareng Wargi Ngawangun Portal Informasi Karawang

Tanggal 5 Oktober 2008 silam melalui artikel pertama “Sungai di Karawang Kaya Akan Remis”  Karawang Info (KarIn) terbit, tanggal inilah yang kemudian dipakai sebagai tanggal lahirnya Karawang Info, dengan landasan bahwa lahirnya media dihitung dari kapan media itu terbit pertama kali dan mulai berinteraksi dengan pembaca. Kini pada tanggal 5 Oktober 2009, KarIn telah berusia 1 Tahun, terkait momen ulang tahun inilah, Saya sebagai Admin KarIn bermaksud mengupas berbagai hal diantaranya sejarah KarIn dan pengumaman siapa kontributor terbaik dan terfavorit dalam setahun ini, serta beberapa ulasan lainnya.

Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya KarIn

Alkisah dari penelitian skripsi terjalinlah pertemanan antara saya (Deni Andriana) dan Rohmat Sarman, pendiri Radio Komunitas Nurul Hidayah (NH FM) diakhir tahun 2007 yang bermarkas di Pasirmukti Kec. Telagasari Karawang. Selain pendiri dan perintis gerakan komunitas di Pasirmukti, Rohmat Sarman juga merupakan staf Pengajar di Universitas Pasundan (Unpas) Bandung. Dari pertemanan itu, selanjutnya kita berdua seiring waktu saling mengenal dan memahami visi masing-masing terutama terkait daerah kelahiran kita yakni Karawang. Akhirnya pada pertengahan 2008, Rohmat Sarman atau akrab dipanggil Kang Rohmat mengajak saya untuk membuat sebuah media online di Karawang, kebetulan dalam hal ini Ia sudah sejak lama menyewa sebuah domain www.karawang.info.

Dalam tawaran yang didasari niat untuk melakukan sesuatu untuk Karawang secara konkret ini, maka sebuah Portal Informasi dan Komunikasi via internet adalah pilihannya, karena memang saat itu selain website milik Pemda Karawang, tidak ada media yang secara konsisten menjadi wadahnya warga Karawang untuk mengakses informasi secara online, lebih jauhnya berbeda dengan media online milik Pemkab, media yang kami rencanakan haruslah yang lebih interaktif, mengajak warga untuk berperan serta dalam berkarya dan berkomentar. Lebih lanjut, Kang Rohmat memberikan contoh seperti www.panyingkul.com di Makasar dan www.cilacapmedia.com di Cilacap, dua media massa online yang bergerak di jalur jurnalisme warga.

Alhasil setelah mempelajari media yang sudah ada dan pengalaman mengelola Pers Mahasiswa dan sempat magang dibeberapa media, saya pun membuat konsep Karawang Info ini. Setelah konsep saya rampungkan, baru kemudian diskusilah kita berdua menggodok konsep ini, termasuk merumuskan tag line atau jargon Gerbang Informasi Karawang dan nama panggilan Karawang Info yakni KarIn. Perumusan dilakukan di Bandung, dan kebanyakan bertempat diwarung kopi sambil menyantap mie tulang, jajanan khas di sebuah lokasi di Bandung.

Tidak menunggu lama setelah konsep digodok, Karawang Info pun terbit dengan layout sederhana pada 5 Oktober 2008, dengan postingan pertama sebuah berita berjudul “Sungai di Karawang Kaya Akan Remis.” Setelah itu, kemudian disusul artikel-artikel berikutnya dengan sedikit demi sedikit diiringi perbaikan layout dan penambahan rubrik.

Hari kehari, minggu keminggu perkembangan KarIn terus meningkat tidak hanya dari trafik pembaca atau pengunjung. Konsep jurnalisme warga pun mulai berjalan dengan turut sertanya secara sukarela warga lainnya untuk ikut menulis dan berkarya di KarIn. Begitupun komentar, masukan, kritikan hingga celaan datang silih berganti.

Awalnya memang banyak juga yang pesimis bahwa ini akan menjadi proyek yang sia-sia, terlebih dilihat dari sisi finansial KarIn saat itu masih non komersil. Untuk ukuran di Karawang, konsep komunitas dan gerakan semacam ini memang masih langka. Kami pun hanya tersenyum menanggapi celaan dan komentar pesimis dari beberapa orang tersebut. Karena kami yakin, apa yang kami lakukan adalah proyek jangka panjang yang memang membutuhkan konsentrasi dan energi ekstra. Karena, kalau tidak dimulai maka sampai bebek pake lipstik pun tidak akan tercipta, terlebih di Karawang. Itulah gertakan kami terhadap diri sendiri dan juga rekan-rekan yang merasa pesimis itu dengan tentunya berucap : terimakasih atas kritikannya.

Sikap pesimis tambah meruncing, karena kemunculan KarIn diakhir 2008 ada yang mengaitkan dengan momen pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden di tahun 2009. Banyak yang menganggap bahwa KarIn dibuat untuk suksesi calon dewan dan sejenisnya. Namun anggapan itu luruh seiring waktu, karena anggapan itu tidaklah terbukti.

Pada bulan Juli 2009 karena masalah teknis, akhirnya domain atau alamat Karawang Info berganti dari www.karawang.info ke alamat www.karawanginfo.com – begitupun Forum Diskusi Online Warga Karawang yang dialihkan dari yang dulu beralamat di www.forum.karawang.info menjadi www.forum.karawanginfo.com (hingga sekarang forum ini lagi dalam perbaikan).

Jurnalisme Warga Karawang

Berbagai hambatan dan tantangan mengiringi perjalanan Karawang Info. Hingga kini (5 Oktober 2009) selain Admin/Editor, telah tergabung 52 orang warga. 6 diantaranya sebagai redaktur atau pengisi rubrik  tetap, 2 orang sebagai moderator forum dan 44 orang lainnya sebagai Kontributor Warga. Adapun dari 282 postingan atau artikel yang ada, 104 diantaranya adalah karya warga non Redaksi yang kemudian disebut kontributor warga.

Penambahan rubrik, polesan layout dilakukan demi perbaikan terutama atas masukan warga, salah satunya header diatas dan beberapa banner yang ada di KarIn yang dengan sukarela dibuat oleh Rudy Rahadian, seorang desainer web dari Karawang yang berperan juga bersama Editor KarIn menginiasi tebentuknya Komunitas Blogger Karawang. Begitupun bantuan demi bantuan secara sukarela lainnya termasuk kiriman foto, artikel berita, artikel opini, karya sastra dan lainnya. Beberapa warga diluar Karawang pun ikut berkarya, dan bahkan warga Karawang yang sedang berada diluar negeri seperti yang terakhir adalah Sofyan Eli yang sekarang bekerja di Jeddah Saudi Arabia pun ikut berbagi pengalamannya berkerja di negeri orang. “Ingin berbagi dan mengobati kangen dengan kota kelahiran,” ujar Sofyan Eli.

Berdasarkan konsep awalnya, KarIn memang tidak memberikan imbalan secara materi kepada para kontributor tulisan dan foto serta desain, tapi sedari awal KarIn menawarkan kepada warga untuk  bersama-sama berkarya dan membangun portal informasi dan komunikasi Warga Karawang ini. Di KarIn, warga tidak hanya bisa ikut eksis tapi juga bisa bernarsis ria, selama masih dalam konteks dan seimbang dengan karyanya. Karena, KarIn yakin warga Karawang memiliki potensi dan kreatifitas yang luarbiasa dan inilah yang memang harus difasilitasi dan dijembatani oleh KarIn dan dibangun serta dipertahankan oleh semua warga secara bersama-sama.

Tidak peduli siapa yang memulai, siapa saya dan siapa anda selama ingin berbuat yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Karawang, maka KarIn memang membuka diri. Untuk itulah, dalam perkembangannya KarIn senantiasa mengundang komunitas atau lembaga masyarakat lainnya untuk ikut serta diantaranya seperti memuat profil Band-Band Karawang, Komunitas Motor, Club Foto, Blogger dan lainnya. Kedepannya kerjasama dengan berbagai pihak pun sangat dimungkinkan terutama dalam kaitannya dengan visi misi KarIn, sendiri secara media dan secara organisasi media.

Lebih dari itu, KarIn sedari awal mengedepankan penghargaan atas karya dan hak cipta, maka menjadi kemutlakan bagi KarIn untuk memuatkan sumber-sumber tulisan dan begitupun data lengkap para kontributor, sehingga disini jugalah langkah mengapresiasi hasil kerja dan karya seseorang dapat ditumbuh kembangkan.

Itulah ulasan mengenai sejarah, latarbelakang dan kerjasama yang selama ini tercipta antara Tim Redaksi KarIn dengan para kontributor warga dalam konsep jurnalisme warga yang KarIn usung. Selebihnya mengenai visi misi bisa disimak di Profil Karin : Tentang KarIn. Dan, mengenai apa saja yang sudah dibuat dan diprakarsai KarIn selama ini, silahkan simak di berbagai info yang sudah dirilis sebelumnya. Simak juga laporan dan ulasan lainnya dalam Rangka 1 Tahun KarIn.

 

Dengan Hormat,
 
Deni Andriana
Admin & Editor Karawang Info

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 11 Comments
Have Your Say
  1. masbadar says:

    selamat kang Deni..
    buat men behind the screen nya; improve terus SEOnya biar nangkring di baris atas search result google..
    😀

  2. purno87 says:

    kalo udah nangkring jangan lupa yang masih gelayutan yah…xixixixix

  3. bijo says:

    hi friend plz add me & drop a mesg i will add u

  4. rihar diana(dhana) says:

    salam sejahtera
    makasih ya dah kunjung di rumahku,ehm…begitu ya infonya jadi tembah wawasan nich…ok goodluck for U n God bless U amien…

  5. imam says:

    mantaaaaaapppp-maaaantaaaaaaaaaapppppp…
    sungguh rangking yg bagus nich…..
    sukses selalu bos,,,jng lupa mampir n give klik bt iklan ads nya za/……

  6. Kring says:

    Semoga makin maju, makin mantap sehingga karawang makin terkenal di seluruh indonesia kalo perlu keluar negeri agar ada bule yang ke karawang pengen ikut goyang karawang he..he.. seep kang Deni dan rekan-rekan.

  7. Gieno says:

    Selamat Ultah Ke-1!
    Semoga pengunjung Karin terus bertambah dan Karawang tambah maju tentunya.

    Sukses selalu!

  8. rumah blogger says:

    mantaaap brooo…sukses selalu untuk mu…..tukeran link banner yaa..

  9. DOKTER-pulsa says:

    Siang bro. Tukar link yuk !!

  10. DOKTER-pulsa says:

    Informasi yang cerdas bro. Thanks! Tukar link yuk!

  11. Admin KarIn says:

    Terimakasih atas masukan dan komentar teman2 semua
    yang ingin bertukar link silahkan klik -> http://www.karawanginfo.com/?page_id=226

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>