Published On: Thu, Aug 6th, 2009

Anggota DPRD Karawang Periode 2009 – 2014 Sudah Resmi Dilantik

Gedung DPRD Karawang - www.karawanginfo.com

Karawang (KarIn) – Bertempat di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Karawang, Rabu 5 Agustus kemarin, lima puluh (50) orang Calon Anggota DPRD Karawang Terpilih telah dilantik. Mereka kini sudah resmi menyandang jabatan sebagai Anggota DPRD Karawang periode 2009 – 2014. Menduduki kursi yang diperjuangkannya dalam pemilu legislatif tahun ini (2009). Sudah secara syah untuk memegang amanah masyarakat Karawang untuk lima tahun kedepan. Bergegas merealisasikan janji-janji kampanye yang diutarakan dan diteriakan disaat pemilu, dan tentunya diharapkan membuat Kabupaten Karawang menjadi lebih baik lagi.

Seperti dijelaskan oleh beberapa sumber yang karIn telusuri, pelantikan berjalan cukup sukses. Kelima puluh wakil rakyat ini dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Karawang, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat   Nomor 171/Kep.1015-Pem.Um/2009 tentang Peresmian Keanggotaan DPRD Kabupaten Karawang Hasil Pemilu Tahun 2009 Masa Jabatan 2009-2014.

Berikut adalah Daftar Anggota DPRD Karawang Periode 2009 -2014 :

PARTAI HANURA (2 Kursi) :

  1. H. Ali Mukadas Said, SH
  2. Rusdi Praja

PARTAI GERINDRA (6 Kursi) :

  1. Ir. Ade Suhara
  2. Ajang Supandi
  3. Ramdani Sudrajat
  4. Royke Benta Sahetapy
  5. Ir. H. Danu Hamidi
  6. Ir. Ibrahim Castumiharja

PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (6 Kursi) :

  1. Drs. Karmin
  2. Nanda Suhanda, SE, MM
  3. Mumun Maemunah, S.Si.APT
  4. Dedi Sudrajat, Sp, MM
  5. Budiwanto, S.si, MM
  6. Dr. Ata Subagja Dinata

PARTAI AMANAT NASIONAL (1 Kursi) :

  1. Bambang Maryono, ST

PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (4 Kursi) :

  1. Neneng Siti Fatimah
  2. H. Isak Iskandar
  3. H. Acep Suyatna, SH
  4. Ahmad Zamakhsyari, S.Ag

PARTAI GOLONGAN KARYA (8 Kursi) :

  1. Endang Kurniadin
  2. H. Warman
  3. Saepudin Permana
  4. Dadang M. Tamin
  5. Didin Saepudin
  6. Mulyana Affandi
  7. Iwan Kustiawan
  8. Ir. Teddy Luthfiana

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (1 Kursi) :

  1. Drs. H. Edy Junaedi

PARTAI BULAN BINTANG (3 Kursi) :

  1. Nurlelah Saripin
  2. DR. Suherno Hendra Permana
  3. Hj. Nurlatifah

PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (9 Kursi) :

  1. Ace Sopian Mustari
  2. Karda Wiranata
  3. Nyi Sekar Arum
  4. Uman Rusmana
  5. H. Tono Bahtiar, Sp
  6. Ayat
  7. Drs. Salim Atmaja
  8. Ludy Amaludin
  9. Deden Irwan Rishadi

PARTAI BINTANG REFORMASI (1 Kursi) :

  1. Unang Sunandang, SE

PARTAI DEMOKRAT (9 Kursi) :

  1. Lina Roslina
  2. H. Abas Hadimulyana
  3. Muhtar, SH
  4. Asep Oki Tahkik, S.Ag
  5. H. Ahmad Rifa’i
  6. Nurjaman
  7. Yoes Taufik
  8. Pendi Anwar A
  9. Budianto

Itulah 50 orang wakil Warga Karawang di DPRD Karawang untuk lima tahun kedepan. Selengkapnya mengenai perolehan suara dan daerah pemilihan (Dapil) yang mereka wakili silahkan simak Info KarIn sebelumnya : “Daftar Caleg DPRD Karawang Terpilih Pada Pemilu 2009.”

Setelah dilantik, tentunya  50 orang Anggota DPRD Karawang ini memiliki amanah dan tanggungjawab yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Banyak tugas yang tentunya menanti dan harus dikerjakan, dari mulai pemilihan Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi, Pembagian Komisi, Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan tugas-tugas parlemen lainnya.

Untuk menjalankan fungsinya setelah dilantik, sementara berdasarkan ketentuan sebelum pemilihan ketua, wakil ketua dan pembagian komisi dilakukan, partai dengan jumlah suara terbanyak berhak mengusulkan satu perwakilannya untuk mengisi jabatan Ketua dan Wakil Ketua Sementara. Maka dari itu, karena Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (9 Kursi) dan Demokrat (9 Kursi) adalah yang terbanyak, maka berdasarkan kesepakatan ditetapkanlah Karda Wiranata (PDIP) sebagai Ketua sementara dan Yoes Taufik (Partai Demokrat) sebagai wakilnya.

Perlu untuk diketahui untuk kemudian diperhatikan, bahwa sebagaimana DPRD Karawang sebelumnya, di DPRD Karawang terdapat empat komisi (A,B,C dan D) dan berikut penjelasannya :

KOMISI A : Bidang Garapan :1. Pemerintahan; 2. Kamtib; 3. Kependudukan & Transmigrasi; 4. Hukum, Perundangan-undangan & HAM; 5. Kepegawaian/Aparatur; 6. Perijinan; 7. Kesatuan Bangsa; 8. Pertahanan; 9. Wilayah Kelautan Daerah; 10. Perkebunan; 11. Kehutanan; 12. Penanaman Modal; 13. Perusahaan Patungan.

KOMISI B : Bidang Garapan : 1.Perdagangan; 2.Perindustrian; 3.Pertanian; 4.Perikanan; 5.Peternakan; 6.Koperasi & UKM; 7.Keuangan Daerah; 8.Perpajakan & Retribusi; 9.Perbankan; 10.Perusahaan Daerah; 11.Dunia Usaha.

KOMISI C : Bidang Garapan : 1.Pekerjaan Umum; 2.Tata Ruang; 3.Perhubungan; 4.Pertambangan & Energi; 5.Perumahan Rakyat; 6.Lingkungan Hidup; 7.Kebersihan & Pertamanan; 8.Pengelolaan Pelabuhan Regional; 9.Pengolahan Potensi Laut; 10.Pariwisata; 11.Informatika & Multimedia.

KOMISI D : Bidang Garapan : 1. Ketenagakerjaan;  2. Pendidikan & Kebudayaan; 3. Pemuda & Olahraga; 4. Agama; 5. Ilmu Pengetahuan & Teknologi;  6. Kesejahteraan Sosial; 7. Kesehatan & Keluarga Berencana; 8. Peranan Wanita; 9. Organisasi Masyarakat; 10. Penerangan/Pers; 11. Pengadaan Pangan.

Itulah nama-nama mereka yang mewakili Warga Karawang di Parlemen / DPRD Karawang beserta tugas dan fungsinya sesuai di komisi mana mereka masing-masing akan berposisi nantinya. Setidaknya, dari sekarang dan kedepan, saatnya warga lebih cerdas mengetahui siapa saja wakilnya dengan jelas dan apa saja fungsi dan tugas yang akan mereka jalankan, sehingga kontrol masyarakat, pengaduan dan sejenisnya bisa dilakukan secara terarah dan terukur, karena kepada wargalah mereka bertanggungjawab. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 24 Comments
Have Your Say
  1. irwan says:

    Mari kita sama-sama awasi kinerja mereka , jangan malah jadi ajang kolusi, dan nepotisme bagi tim sukses, perjuangan mengangkat mereka jangan jadi alasan meminta proyek dan jatah premanisme. Pengalaman sudah membuktikan tim sukses hanya jadi makelar dan mediator proyek

  2. Agus Riyanto says:

    Mudah-mudahan penempatan anggota dewan ke dalam Komisi sesuai prinsip “The right man on the right place” sehingga dapat menjalan tugas dan fungsi secara benar.

  3. Biye says:

    Kang, judulnya tolong dibetulin, msa 2009-2010? Kan mestiny 2009-2014. . .

    Harapan saya sih g muluk2, sebagai mahasiswa yg mau lulus saya ingin kepastian kerja di karawang. Saya ingin sekali bekerja di karawang, mengamalkan ilmu yg saya dapatkan buat majuin karawang. Jdi tolong lapangan kerja di karawang diperluas, atau kalau pengen wirausaha dipermudah buat pinjaman modalny. Tpi kalo buat kepastian kerja di karawang sulit ya mau apa lagi, mau g mau kan harus merantau ke kota lain.

  4. Urip SR says:

    Selamat kepada Anggota DPRD periode 2009-2014
    Semoga amanah dalam menjalankan tugasnya…

  5. admin karin says:

    @ Biye : waduh bener salah, punten salah ketik.. sekarang dah dikoreksi menjadi 2009 – 2014 – terimakasih bos atas koreksi cepatnya…. hatur nuhun pisan

  6. Sera says:

    semakin dikenal semakin gampang diawasi… mari rekondisi citra dewan dengan pengawasan masyarakat…

  7. purno87 says:

    semoga wakil rakyat dari karawang bisa mengenal saya dan blogger karawang melalui online…

  8. hasan basyri says:

    semoga bapak-bapak wakil dewan bisa bekerja dengan baik dan tidak mengkhianati kepercayaan yang telah di bebankan kepadanya serta dapat menciptakan kesejahteraan buat warga karawang. amin

  9. daeng says:

    Mari kita jadikan masyarakat di masing2 DAPIL khususnya untuk mengawasi dan menindaklanjuti janji2 mereka waktu kampanye kalo mereka mengingkari mari kita demo aja ke kantor DPRD atau ke depan rumahnya…kalo mereka mengingkari mari kita black kampanyekan mereka biar 2014 gak kepilih lagi…apalagi yang kasus tuh…kepilih lagi tetapi status narapidana kasus korupsi…

  10. Alif Lukmanul Hakim says:

    Hmm..Selamat “untuk sungguh-sungguh bekerja” bagi “Kepentingan dan Kesejahteraan” warga Karawang..

    Semoga Amanah dan Jujur dalam mengemban Tugas.

  11. Semoga dengan dilantiknya anggota DPRD Karawang yang baru. menjadi tonggak pembaruan pembangunan Karawang. Ingat janji anda pada warga Karawang, Janji adalah hutang.;

  12. in ricetown says:

    I want a new members of the House of Representatives of karawang
    more honest, more responsibility, care of the public, the mandate in the task, not the action of corruption and open to receive public inspiration

    i love karawang city

  13. surya says:

    sejauh waktukan berputar ayo warga kerawang kita lihat dan pantau para leglislatif kita berkerja apa sama dengan janji yang mereka ikrarkan sebelum dilantik…..!!!

  14. Domo says:

    Selamat kpda para wakil rakyat di DPRD Karawang yang tlah dilantik, semoga menjadi wakil rakyat yang amanah, yang mampu memperjuangkan kesejahteraan rakyat karawang.

  15. fajar says:

    semoga bisa meningkatkan kesejahteraan asyarakat…dan tidak lupa…

  16. wahyu says:

    oke deh selamat para anggota DPRD KARAWANG. MAJU TERUS BAWA AMAT RAYAT DAN PENDERITAAAN RAYAT UTNUK KE JENHANG LEBIH BAIK DAN SEJAHTERA KHUUSUNYA bagi warga karawang dan terutama khusunay penduduk asli karawang yang masih banyak tidak menerima keadilan atas pembangunan yanga da susahnya lowongan kerja ntuk pribvumi dibandingkan pendatang. salam merdeka,………………………………………………………………

  17. Adhe Hermawan says:

    Buat om Nurjaman slamat yaa…buktikan bsa bangun karawang menjadi kabupaten terbaik se Indonesia…!!

  18. Bang H.Salim says:

    selamat neh…. buat kang unang dari PBR…… mantaaaap wong jarong cilamaya.

  19. laputra says:

    Bagaimana tanggapan saudara dengan kasus LSI antara Pelita vs Persib di Karawang yang berlangsung Ricuh?
    Disana disebut-sebut bahwa ada salah seorang anggota DPRD Karawang Komisi C yang disebut sebagai “provokator” dan bertindak tidak mencerminkan sebagai wakil rakyat.
    Ironisnya beliau merupakan anggota dari salah satu partai yang mendominasi kursi keanggotaan.
    Bukankah itu akan mencemarkan nama baik DPRD KARAWANG?

  20. ALWI says:

    DI DUNIA INI HNYA ADA DUA PILIHAN SAJA MU JUJUR APA TIDAK, MU AMANAH APA TIDAK, MU DI CINTAI RAKYAT APA TIDAK, MU BAIK DLAM PANDNGAN ALLAH APA SUDAH HAPPY DIPANDANG BURUK SJ OLEH ALLAH , MASING2 ADA KONSEKWENSINYA….ANDA MU PILIH YANG MANA?TERSERAH ENTE2 TAPI KTIKA PRASAAN ANDA MNOLAK FIKIRAN ANDA MK KSIMPULAN PRASAAN ANDALAH YANG BENAR,JANGAN COBA2 IKUTI ALUR FIKIRAN ANDA…KARNA AKAN TNGGELAM DLM KHINAAN DUNIA AKHERAT.MUNGKIN MLM INI, BESOK, LUSA KITA GA PRNAH TAU KALAU ALLAH AKAN MENDELEGASIKAN KE IJROIL UNTUK SEGERA MEMPERSONA NON GRATAKAN KITA DARI ALAM FANA INI..KARNANYA JAUHILAH GRATIPIKASI,KKN,DAN KBIJAKAN2 YANG MRUGIKAN RAKYAT.LAKUKAN YANG TERBAIK DI AKHIR TUGAS BAPAK2 SKALIAN

  21. jurig KP Karangpawitan says:

    SELAMAT BERBURU PROYEK TERI SAMPAI KAKAP DI SELURUH INSTANSI PEMDA, BUMD DAN BUMN… JANGAN LUPA ‘ASPIRASI’NYA JUGA SEKALIAN, SEMOGA MODAL YANG SUDAH DIKELUARKAN PADA PEMILU LEGISLATIF CEPAT KEMBALI BERIKUT KEUNTUNGANNYA. SELAMAT BERJUANG !!!!!!

  22. Mahar kurnia says:

    Selamat atas di lantiknya tokoh idola kami.bapak Tono bachtiar sebagai anggota DPRD Kab.Karawang
    semoga beliau lebih meningkatkan kecintaannya kepada masyarakat karawang terutama yang membutuhkan
    (fakir miskin )dan anak yatim.dan semoga bpk.Tono bachtiar peduli dengan 9 Program Prioritas Yayasan putra karawang 1.karawang bersih,2.karawang pintar,3.karawang sehat,4.karawang prestasi,5.karawang mandiri 6.karawang bertaqwa,7.karawang damai,8.karawang sejahtera,9.karawang berencana menuju karawang yang berwibawa dan bermartabat. mahar.kurnia ketua yayasan putra karawang/085624160107

  23. Mahar kurnia says:

    REVISI : SELAMAT ATAS DILANTIKNYA Bpk.TONO BAHTIAR BAHTIAR sebagai ” KETUA DPRD KARAWANG”
    Mahar kurnia Yayasan Putra Karawang

  24. itang kosambi says:

    semoga bp ” yang terhormat bisa mengatasi permasalahn cerai yang sngat meresahkan bagi kalangan perempuan di daerah saya pa…karna sangat gampang nya ,di saat si laki” sudah tidak mau lagi mereka cukup ke lebe saja sore -sore selanjut nya pagi kemudian surat cerai di kasih kan ,tanpa ada sidang pengadilan urusan agama ,yang sangat di rugikan pihak perempuan pa ,mereka harus menanggung beban ktika mereka mempunyai anak,dan saya mohon tolong di perketat tentang peraturan mengeluarkan surat cerai ,dn kepada bapak ”yang mengurusi soal ini ,agar bisa memberikan penyuluhan ke pada masarkt agar mereka mengetahui tidak gampang urusan kawin cerai,karena mereka anak ” yang jadi korban, salam dari pemuda ireko kosambi,,,,,,,itang bin alan

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>