Published On: Wed, Oct 22nd, 2008

Bendungan Walahar, Saksi Peradaban Sungai Di Karawang

Ciampel (KarIn) – Bendungan Walahar yang terletak di Desa Walahar Kec. Ciampel, Karawang ini digunakan sejak tanggal 30 November 1925. Dibangun pada masa penjajahan Belanda, dimana dalam pembangunannya mengandalkan tenaga pribumi. Maka tidak heran jika arsitekturnya mengingatkan kita pada bentuk bangunan sisa penjajahan Belanda lainnya yang masih bisa kita temui di berbagai pelosok tanah air.

Bendungan yang membagi air Sungai Citarum ini difungsikan untuk mengatur debit dan sirkulasi air dalam mengairi areal pesawahan di Karawang seluas ±87.507 ha.

Selain untuk mengairi sawah, bendungan ini juga berfungsi sebagai penahan air ketika daerah Karawang bagian utara dilanda banjir di musim penghujan, seiring meluapnya air laut di pantai utara.

Kini, setelah Belanda angkat kaki, bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pengairan. Akan tetapi juga menjadi tempat bersejarah yang menarik untuk dipelajari dan diteliti, serta menjadi area wisata bagi warga baik dalam maupun dari luar Karawang.

Sebagai tempat bersejarah, Bendungan Walahar adalah saksi dari bergesernya peradaban sungai khususnya di Karawang. Setidaknya, Belanda yang terkenal memiliki keunggulan dalam sistem pengairan mempelopori dibuatnya bendungan ini dengsn memaksimalkan Sungai Citarum dan membaginya kedalam anak sungai yang disebar kepenjuru Karawang.

Merunut pada catatan sejarah yang ada, di masa kerajaan, Sungai Citarum merupakan jalur utama perdagangan dan transportasi, disaat jalur darat memiliki resiko lebih tinggi. Adanya pelabuhan karawang yang kini menjadi Alun-Alun Karawang serta peninggalan candi di Batujaya yang dibangun Kerajaan Tarumanegara menjadi bukti sangat pentingnya Sungai Citarum sejak dulu.

Kemudian,sebagai tempat wisata, Bendungan Walahar selain menyajikan pemandangan yang eksotik juga menjadi tujuan wisata kuliner. Maka tidak heran jika lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit untuk muda-mudi bermadu kasih dan tempat tua muda bersantap di warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, khususnya dilokasi yang sudah ditata menghadap kearah bendungan. Pepes ikan dan ikan bakar menjadi menu andalan dilokasi ini. (Deni Andriana)

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 22 Comments
Have Your Say
  1. masbadar says:

    nice info. Artikel lainnya tentang sosial, updated IT info, blogging, edukasi dll ditunggu..

  2. Deni Andriana says:

    terimakasih masukan masbadar..
    kita juga terbuka jika Mas mau membagi atau berpartisipasi menyebarkan info dan tulisan tentang hal2 tsbt terutama yang berkaitan dengan Karawang di website ini..

  3. Deni Andriana says:

    Tinggal di Karawang atau ciampel pak? wah, asyik tuh kalo bapak ikut share info tentang Danau Cipule. Lebih menarik jika yg nulis warganya sendiri kan?
    ditunggu ya!

  4. Cornelius R Witono says:

    info yang menarik… menambah info, daerah Walahar ( kec. Ciampel ) juga punya danau yang indah di daerah Cipule atau biasa di sebut danau Cipule. Danau ini juga berpotensi baik untuk pariwisata. Maju terus KarIn…

  5. muchlis s says:

    saya pernah ke sana memang bendungan nya bagus . tapi masih ada orang yang mancing di aliran sungai

    itu sangat berbahaya lho,

  6. Saleh says:

    Danau Cipule bagus tuh…kayaknya daerah itu belum terexplore oleh sebagian orang…cocok untuk pariwisata atau spot hunting bagi para pecinta fotografi

  7. Deni Andriana says:

    kalo tidak salah Danau Cipiule itu yang sering jadi tempat lomba dayung yang Kang?

  8. ardhie says:

    Lebih eksotik lagi kalo sampahnya di bersihin dari bendungan Walahar….., btw good posting

  9. Deni Andriana says:

    trims Mas Ardhie.. iya, sampahnya bisa dilihat numpuk dipintu air..

  10. Dedy says:

    Dah bersih,bagus tp pintu aernya msh ada bnyk sampah. Yah… Mudah mudahan bisa di lebih di perhatikan lagi kebersihan nya agar lebih bnyak lg para visitor nya…

  11. m4trix says:

    sebenarnya kalo lebih digarap jadi komoditas yang bagus sekali buat nambah pemasukan kab karawang.
    salam kenal.

  12. Bendungan Walahar Jebol | karawanginfo.com says:

    […] (KarIn) – Selasa (24/3) kemarin, salah satu pintu air di Bendungan Walahar Ciampel Karawang jebol. Hingga informasi ini di rilis belum diketahui ada korban jiwa, namun dua […]

  13. Sofyaneli says:

    Tempat yang penuh dengan kenangan, mungkin akan lebih bagus kalau air sungai nya tidak tercemari dengan sampah..

  14. sri sulastri says:

    jadikanlah tempat bersejarah sebai tempat yang bisa di lestarikan dan kesadaran manusia di butuhkan

  15. kanta subagio says:

    saya ikut bangga pada seluruh redaktur karin,walaupun artikel yang terdapat pada halaman postingan diatas saya lambat untuk memberikan komentar.sepertinya para generasi muda,akademisi dll,dsb sudah mulai cinta&sadar akan meng expos daerahnya seandiri ,ini adalah suatu modal yg sangat berharga untuk berkiprah di dunia responden,publikasi,advertise dan sebagainya.menanggapi bekas peninggalan penjajah belanda yg di antaranya Bendungan Walahar ini merupakan realita,betapa pada zaman dahulu sistim pengairan terutama juga alat/media transportasi yg vital di gunakan zaman kala itu.betapa sudah majunya sistim pertanian di karawang pada masa penjajahan dan alhamdulillah bagi masyarakat masih berfungsi dan dinikmati sampai sekarang.

  16. […] Indonesian version on karawanginfo.com -> Bendungan Walahar, Saksi Peradaban Sungai Di Karawang […]

  17. Sunta Atmaja says:

    Bendungan Walahar terletak di Desa Walahar Kecamatan Klari, bukan Kecamatan Ciampel.

  18. hielma says:

    bendungan walahar memang sangat bagus dan indah.tetapi warga di sekitarnya di mmperdulikan lingkungan trsbt,

  19. aurielliea maya says:

    ko gak bisa di save si…buatt tugass nehh…
    huhhhh!!!!!

  20. Dody HW says:

    Mas Denny, Saya tinggal di Bekasi, sudah lama sy mendengar ttg bendungan Walahar ini dan makanan khas Walahar yaitu pepes jambal, tp sy tidak tahu posisinya di mana, kalo pk mobil keluarnya Karawang Timur atau Barat?

  21. priatna wapi asli putra karawang says:

    tolong di rawat dengan benar bendungan sejarah ni bagi rakyat karawang ini adalah bendungan amat pentin tanpa bendungan ni sawah2 d karawang gak bakalan ada airnya,dan tolong di perketat pemeliharaan nya dan jagan sampai ada yg mesum d daerah karawang ,kalow bisa di siagakn patroli d daeran ini sebab banyak kali anak muda yang menyalh dunakan

    terima kasih sebelumnya

  22. Banana says:

    kebetulan sekarang rumah ku dekat dg bendungan Walahar dan sudah 3 kali ke sana. bangunannya masih kokoh meski di bangun tahun 1925. sebelum bendungan Walahar ada sate Maranggi yg sangat terkenal dan sudah 2 kali mencoba sate nya. mantabs.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>