Published On: Fri, Feb 13th, 2009

Mengenal Penyakit Kelamin

Sudah tahu berbagai jenis penyakit kelamin? Jika belum, semoga informasi dibawah ini berguna untuk mengenali berbagai penyakit kelamin, penularan dan solusi penyembuhannya.

Menurut Wikipedia.org, penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan antar kelamin. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit ini dianjurkan agar tidak melakukan hubungan seks secara sembarang dan tidak membabi buta. Setia pada pasangan atau menggunakan alat pengaman seperti kondom adalah alternatifnya.

Sebagian besar penyakit kelamin hingga saaat ini sudah ditemukan obatnya, kecuali penyakit Aids yang memang tidak hanya menular lewat hubungan kelamin tapi sebagian besar ditularkan melalui jarum suntik.

Berikut adalah beberapa penyakit kelamin beserta bakteri yang menyebakannya dan sekilas cara pencegahan dan pengobatannya, yang dikemukan Dr. Taylor  dari Health Awareness Connection (HAC), Broklyn USA :

GONORRHEA & CHLAMYDIA

  • Disebabkan oleh bakteri. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit ini;
  • Pada pria, penyakit ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Buang air kecil dapat terasa sakit. Gejala-gejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali;
  • Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan;
  • Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila ditangani secara dini.

HERPES

  • Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan;
  • Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini;
  • Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair;
  • Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang;
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering;
  • Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

INFEKSI JAMUR

  • Disebabkan oleh jamur;
  • Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat;
  • Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal;
  • Dapat disembuhkan dengan krim anti jamur.

SYPHILIS

  • Disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini;
  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit;
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain;
  • Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin;
  • Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina.

VAGINISTIS

  • Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan;
  • Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur;
  • Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina;
  • Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop;
  • Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

  • Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV);
  • Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut;
  • Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka;
  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix;
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

KUTU KELAMIN

  • Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan;
  • Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin.

KUTU DI BAWAH KULIT

  • Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit;
  • Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh;
  • Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh;
  • Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut.

AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

  • Penyakit akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh;
  • Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah;
  • Dapat menyebabkan kematian setelah sepukuh tahun setelah terinfeksi virus HIV, tetapi pengobatan (red : tidak menyebuhkan secara total) telah ditemukan;
  • Disebarkan melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.

copyright@ Health Awareness Connection

Itulah sekilas jenis-jenis penyakit kelamin, baik yang bisa disembuhkan maupun yang tidak. Satu hal yang pasti : “Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati!” – Jadi, waspadalah! 

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda!

comments

Displaying 99 Comments
Have Your Say
  1. veranita says:

    belakangan ini setelah saya berhubungan dgn pasangan saya ,.
    vagina saya sering mengeluarkan cairan berwarna kuning dan mengeluarkan bau tidak sedap .
    apakah itu membahayakan untuk saya?
    dan apa sebab-obat dan dampak nya ??
    terima kasih

  2. dian says:

    sdh dua hari ini vagina sy trasa gatal,kmrin tdk terlalu parah,cm klu dipegang br terasa gatal, tp skrg gatalx kok ngga kyak kmrin,rasax kayak gatal menusuk2 di mulut vagina,n timbul bintik2 kecil kemerahan.kira2 penyakit apa yah…? Dn cara mengatasinya?tolong dijawab…thankz

  3. ilukz says:

    alat kelamin saya terasa gatal dan di kepala alat kelamin saya terdapat bintik yang berwarnah merah dan kecil kecil lo di batangnya sangat besar tdk besar sekali jg yac sedang-sedang githu lah
    kira2 itu penyakit apa
    dan apa obatnya????
    tenkz

  4. ridus sudir or says:

    dok saya pria 24th.saya mau tanya apakah brantawali bisa menyembuhkan penyakit GO…masalah nya kepala penis saya dlm satu minggu ini mengeluarkan nanah dr lubang kepala..terus kalau mau kencing terasa sakit???? mohon jawaban segera…dan trimakasih sebelum nya.

  5. Yuli says:

    Saya mau tanya , saya merasa sakit dan perih banget saat saya menstruasi tp saya tidak pernah berhubungan seks dengan siapa pun karna saya masih kelas 2 smp . Setiap saya menstruasi pasti rasa sakit itu tumbuh dan disekitarnya vagina saya tuh sakit dan perih , trus kaya lecet gmna gitu dah , aku bingung mau gimana lagi , aku mau ngomong sama ortu saya tp saya takutt dan sekarang aku mulai bertanya” sebenarnya saya sakit apa .

  6. tufazzalkhan says:

    assaalamualaikum,saya mau tnya pada wktu buang air kcl terasa perih sakit danjuga klo ga kencing leluar cairan berwarna putih kekuningan tapi sedikit skli, saya salit apa ya. tolong dijawab. atau jawabanya dikirim lewat email saya. terima kasih. wassalam.

  7. herman says:

    2 minggu lalu aq berhubungan n tiba2 lubang kemaluan ku gatal2 . ktika aq pencet keluar cairan berwarna putih. kenapa ya..apakh ini HIV. tlong di jawab. kl memang ia supaya aq tidak berhubunagan lagi agar tidak menyebar. aq kurang paham ttg HIV

  8. lideya says:

    dok,knp ya dbi2r vgna sya,timbul bisul yg ada nanahx? N cr mengbti

  9. Rmv says:

    Dulu saya pernah terkena kencing nanah setelah berhubungan dengan pasangan saya…waktu itu mungkin karena berhubungan sex terus dan sewaktu setelah haid dan belum bersih masih saja berhubungan.

    gejalanya keluar nanah di ujung penis dan terasa gatal dan nyeri saat kencing. pokoknya ngga enak bgt .

    akhirnya saya memberanikan diri ke klinik dan dokter memberikan suntikan antibiotik dan obat minum selama 1 minggu.

    dan akhirnya sembuh juga…saya sempat panik dan tidak mau berhubungan seks lagi .. tp sepertinya sekarang pengen lagi tapi yang lebih aman dan bersih.

  10. gawink says:

    penis saya kok terasa nyeri…/
    kalo buang air kok terasa perih….
    dan sering mengeluarkan cairan putih…
    gmana cara penyambuhannya…?

  11. luigy says:

    dok…
    Ud 2 hari ini telur penis saya yg sblah sakit …
    Kira-kira kenapa itu..

  12. syafrudien says:

    z mngalami rsa skit ketika mau buang air kecil dan ssudahbuang air kecil pd venis saya….itu trmasuk penyakit apa dok? trus apa nm obat yg bisa z konsumsi dok. trims

  13. elizcha says:

    psangan sya slu mrasa skit saat hndak akan buang air kcil,n kluar drah ktika buang air kcil.sya tkut,kira2 pa yg t’jdi pda psangan sy??

  14. elizcha says:

    tolong ea dok,pa yg hrus sya lakukan?
    terima kasih!

  15. rasta enggar says:

    dok bantuin saya ….burung saya kluar cairan dengan tiba2 dan sering pipis terasa perih…. apa yg terjadi dengan saya dok….tolong bimbinganya ….thx

  16. Gilang says:

    sya jga kLo buang air kciL perih bgt,kLuar nanah juga dr Lubang “P” ,,apa bsa dsmbuhkan?dan pnyakit apa nma’y?trma kasih

  17. iwan koba says:

    mohon infonya, di kepala penis saya bagian bawah ada jerawat kecil2 n banyak, tp tidak terasa sakit,, apakah itu pnyakit klamin ..

  18. riko kobar says:

    mw nnya ne 3 hari yg lalu saya berhubngan anal dengan bnci
    trs sekarang setiap saya mw buang air kecil terasa perih seperti ada luka di dalam nya
    dan setelah buang air kelamin saya terasa panas

    penyakit apa ini mohon bntuannya
    apa obat nya dan kepada siapa saya harus berobat
    dan berapa biaya yang harus saya keluarkan

  19. nina noviany says:

    aq baru saja menikah dan umurku masih 20th. Skrg aq sedang hamil 1 bulan dan sering ß????? keputihan, wktu nnya k dokter it gapapa ktanya lumrah trjadi pd ibu hamil tp setiap habis brhubungan badan vagina aq sakit bgt, terasa perih dan kalau buang air kecil pun sakit ß????? , tapi akirnya smbuh lagi, aq penasaran ada ap d dalam vaginaqu, akirnya aq liat pk kaca trnyata ada bintik2 putih gtu d mulut vagina dalamnya, itu kira2 apa ݪªª? ?

  20. sandi says:

    dok apakah super tetra dapat menyembuhkan pnyakit GO??

  21. arde says:

    dok,kalau hbis keluarnya airmani kenapa saat kencing terasa perih,,apa ada cara pnyembuhan tnp hrus dgn obat?
    Mohon Jawabannya

  22. rio says:

    aku setelah melakukan sex bebas beberapa harii ke depan penisku terasa perih.dan terasa waktu berkemih.tdk berapa lama dari lubang penis keluar nanah.aku kira aku tlah terjangkiti gonnorhea.minta saran,dokter yg harus d datangi dokter yg gmn y.apakah conclinic bs jd salah satu solusi tempat.makasih

  23. firgiawan........................ says:

    aduhhhhhh………………..setiap hari saya mau nangis,soal ya…………………………………… d penis saya ada benjolan dan bila d garuk raya ya enak banget ampek lupa diri.,selain itu seluruh badan saya gatal gatal kayak cacar air gitu. kenapa ya,pliace kasitau dong solusi ya;

  24. biki says:

    kepala penis saya kulit na berwarna merah, akibat sesudah sembuh dari penyakit jamur .. gmna cara menghilankan bercak merah” pada kepala penis saya!

  25. muhammad fiqih andrian says:

    sy datang untuk anda,dan akan mengobati penyakit anda atas ijin-Nya. InsyaAllah…
    085267973212
    pengobatan herbal utk segala macam penyakit dan doa doa khusus yg dikirim jarak jauh.
    Anda akan merasakan reaksinya,.

  26. muhammad fiqih andrian says:

    seperti penyakit :
    kanker,spilis,jantung,vertigo,susah tidur,susah buang air besar,ambeien,amandel,batuk berdahak,demam,influinza,panu kurap,kapang,kulit jelek pd tumit kaki,asam lambung,asam urat,pengapuran,pegel linu,kecapean,masuk angin,keseleo,terkilir,keputihan,dll.

  27. Rizky says:

    Maaf saya mau tanya,
    Saya kox merasakan gatal d tubuh dan kemaluan,tmbul luka2 kecil d badan dan kelamin
    Padahal saya belum pernah berhubungan badan.
    Tolong bagaimana cara menyembuhkannya?

  28. ade says:

    dok.saya mau nanya sblmny sy pernh keputihan yg gatal dan suka d garuk. skrng udah ngga tapi kalo haid vagina terasa perih dan seperti ada luka garis d vagina kenapa ya dok. dan apa obatnya? umur saya 29 thn 40kg.

  29. lilyan says:

    ass. aqu mawu tanya dong dari smp kelamin aqu gatel2 n keluar cairan kental kadang encer trz kadang brwarna kuning n bau sx . bkin gatal. gatalnya gatal bgt T.T kadang2 warna celana dalam saya bisa jd warna kecoklat2an. hiks itu kenapa yah ! saya msh 17 thn skrg. blm prnah sama sx berhubungan sex. adakah yg punya obat nya ? makasih

  30. amel says:

    . Mau nanya .. Knpa stiap hubungan intim suka mengeluarkan darah , trkadang keluar bnyak bgt kya lg mens . Trus suka keluar cairan sprti nanah dan berbau , trkadang klo tdk mlkkn seks juga ska kluar darah merah jambu dan sring skit di bagian pinggul smpai kaki pnyakit itu menular pda suami sya , skrg sya lgi hamil tua apa tdk brbhya pda janin sya ?
    Apa pnyakit sya ini , dan apa obatnya ?
    Tlong bantu sya .
    Trims

  31. auliyah says:

    ada benjolan d’ alat kelamin, terasa nyeri saat buang air kecil dan kadang2 ssah buang air bsar selain it z jg sring buang air kcil akibat rsa nyeri oya kira2 ap obt yg cocok untuk menyembuhkannya??? Trima ksih……

  32. eLiezts says:

    mau tanya , 2 hari yang lalu saya melakukan hubungan seks , tapi sesudah nya kelamin cwo saya timbul bintik bintik merah dan gatal , tetapi kelamin saya tidak apa_apa ,
    saya bingung apakah saya punya penyakit , padahal saya cuma 1 kali berhubungan seks .
    mohon jawapan nya …

  33. AA says:

    Mw tny dok .. Klu penis saya ddlmny terasa gatal dan kadang kluar cairan tp sdkit .. Klu mw kencing trasa sdkit perih .. Ud hampir 2mgguan , It pnykt ap y ? Trus obat yg hrus dmnum? Please tlong djawab .. Ke email saya .. Mksh ..

  34. nuryani says:

    saya mu tanya knpa “p”suami saya mengeluarkan cairan dan klw kencing ngrasa pedih penyakit apakah ini dan apa obatnya mohon jawabannya…………..

  35. brm says:

    dibawah kepala penis ada bintik merah dan kadang gatal sekali.
    juga disekitar jengger kepala penis tumbuh seperti komedo putih-putih tu apa? berbahaya tidak? krna terus tumbuh> bagaimana cara menghilangkannya?
    trimakasih

  36. siwan says:

    dok,blh tanya,saya umur 29,kenapa kepala penis ku terasa sakit,siap buang air kecil,terasa gatal,melakukan hubungan sex terasa gx nyaman… tlg beritahu aku apa obat nx dok?thank………..

  37. chyka says:

    Saya mw tanya knapa ya , stelah saya berhubungan intim , timbul benjolan sperti bisul di pertengahan antara vagina dengan anus saya?? Sudah gitu gatal dan perih skali smpai saya merasa tdak nyaman mw tidur. Moho jawaban nya ya dok ?

  38. ajis says:

    meminta tolong..dok.knapa di kepala penis bagian bawah ada sperti binsul tpi kecil2..tlong ya dok,bagaimana solusinya..

  39. Azzi says:

    dok saya mau tanya, saya punya masalah sama penis saya. penis saya ini sering mengeluarkan nanah dr lubang kencing.. terus kalau mau kencing terasa sakit sekali. saya mohon dengan sangat minta jawabannya secepatnya dok…
    atau kirim ke email saya aja dok. terima kasih sebelum nya.

  40. chevin says:

    syalom pak dokter ,saya tanya akhir2 ini saya sering keluarkan darah dari penis dan saya terlambat kencing rasa sakit di bagian kontol saya, pak dok tolong jelaskan penyakit apa yang saya derita.

  41. gress says:

    Saya sering melakukan masturbasi pada vagina saya tp blm pernah hub sex. Akhir2 in vagina saya seperti perih dibagian kananny. Kadang2 terasa gatal. Saat saya coba melihat, seperti ad gumpalan putih disekitarnya dan agak berbau. Kira2 itu knp y dok? Balas ke email saya y dok.

  42. aa' says:

    jika di gland penisnya ada kemerah-merahan tapi tidak sakit itu kenapaya??????????
    memang sebelumnya hanya lecet setelah berhubungan, timskasih, tolong dijawab ya………

  43. julianti says:

    dokter saya mau tanya,kalo mulut vagina gatal dan kalau digaruk seperti ketombe ,obatnya apa ya?

  44. tedhy says:

    dok saya mau tnya nh klamin saya dikepalanya th berlubang dan dipinggiran kepalanya tedapat benjolan kecil,th penyakit apa yh?
    bsa disembuhkan ga?

  45. ana says:

    setelah saya berhunbungan sama suami saya akir2 ini sering keluar cairan dr vagina saya,,,dan juga alat klamin suami saya terasa gatal dan juga kalau buang air kecil agak terasa sakit,,apakah ini akan membahayakan untuk saya dan juga suami saya,,dan apakah ada obatnya??

  46. khoi says:

    aslamu alaikum pak dokter..
    saya mau tanya sblumnya saya cerita dulu ni
    ‘dulu sa at remaja usia 15 thn n saya sering onani kurang lbih 1-2 smgg pi tdak rutin juga, kira2 slma 3thn n.. stlah itu berhnti.
    yang sya tnykan..
    1 knp slama ni klw mlm sya sering kblt buang air kcl.
    2 knp srg nyri di puggung bwh jg srg cpek
    3 gmpg mengluarkn cairan sdkit pas trgsang
    4 ktika mimpi pas sblum slsy mncpai kpuasn brhubngan sudah muncrat dluan.
    dan mhon di beri solusi bgaimana dan apa obt yg tept untk gjla pnyakit yang sdg sya almi..
    sblumnya trimakasih atas jwbn pk dokter..
    wslmualaikum wr wb

  47. shanty says:

    dok, gini d dalam kelamin saya kok kaya ada jamur gitu,
    saya bingung apa itu, saat berhub sih biasa aja, tp saat tak liat, iuch gag banget deh, kira2 penyakitapa ya dan apa obatnya ya dok???
    makasih tolong balas ya dok…

  48. inyt says:

    aslm. dok, kenapa ya kalau penis saya sehabis duduk itu tegang sendiri, selain itu kalau kedingin juga, itu kenapa ya dok ? mohon info,saran dan cara penyembuhan

  49. rio says:

    halo dok…saya rio usia 24 th, mau tanya di lingkar kepala penis saya ada bintil2x kecil warna putih mirip komedo, tidak sakit n tdk tambah banyak. perlu dokter ketahui saya blm khitan n blm pernah melakukan sex. apa tadi itu termsk penyakit kelamin? gmn utk menghilangkannya? mhn balasannya thx

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>